EKONOMI RI DIPREDIKSI CUMA TUMBUH 5 PERSEN DI KUARTAL III

Liputan6.com, Jakarta – Pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal III 2014 diperkirakan masih akan melambat. Penyebabnya pertumbuhan konsumsi maupun investasi bergerak stagnan.
Pengamat Ekonomi dari

Universitas Padjajaran, Bandung, Ina Primiana memproyeksikan level pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal III ini tidak akan jauh beranjak dari realisasi kuartal sebelumnya sebesar 5,12 persen.

“Kisaran pertumbuhan ekonomi Juli-September 2014 nggak akan naik dari periode April-Juni lalu sebesar 5,12 persen. Bahkan bisa jadi turun. Jadi perkiraannya 5 persen-5,1 persen,” kata dia saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Rabu (5/11/2014).

Lebih jauh menurut Ina, pertumbuhan ekonomi masih melambat karena investor wait and see menunggu pelantikan Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) Joko Widodo-Jusuf Kalla serta pengumuman kabinet.

Di samping itu, sambungnya, konsumsi yang selama ini menjadi penyumbang terbesar dalam pertumbuhan ekonomi ikut mengalami perlambatan.

“Pertumbuhan konsumsi tetap karena kurs rupiah melemah sehingga membuat daya beli masyarakat turun. Akhirnya belanja meraka nggak terlalu tinggi,” paparnya.

Indikator lain, lanjut Ina, belanja pemerintah belum maksimal di kuartal III. Kondisi tersebut diperparah dengan tekanan harga komoditas yang anjlok parah sehingga berpengaruh terhadap ekspor. Sementara nilai dan volume impor tetap tinggi.

Di akhir tahun, dijelaskan dia, pertumbuhan ekonomi Indonesia diprediksi berada di level 5,2 persen. Syaratnya, ekonomi mesti bertumbuh di kisaran 5,25 persen di kuartal IV 2014.

“Memang masih melambat (pertumbuhan ekonomi) walaupun belanja pemerintah biasanya di kuartal IV selalu naik. Tapi memang ada kendala masalah nomenklatur, bahkan tender proyek pemerintah yang gagal sehingga beberapa dana kegiatan yang nggak terserap,” pungkas Ina. (Fik/Nrm)

Share Button
Banner_468x60_biru312Banner_468x60_biru312
.:: Selamat dan Sukses Atas Kirab Resolusi Jihad dalam Rangka Memperimgati Hari Santri 22 Oktober 2015 ::. Selamat datang di website PCNU Gresik, kirimkan kritik dan saran anda ke kontak kami, dan untuk pemasangan iklan hubungi (031)3959597 atau melalui email ke pcnugresik@yahoo.co.id