JK: INDUSTRI PERTAHANAN BUKAN UNTUK PERANG SAJA TAPI JUGA EKONOMI

Liputan6.com, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka pameran alat utama sistem pertahanan (alutsista) atau Indo Defence 2014 di JIEXPO, Jakarta. Dalam kegiatan

yang berlangsung dari 5-8 November ini, Jusuf Kalla (JK) mengingatkan bahwa industri pertahanan bukan sekadar untuk perang, melainkan juga untuk meningkatkan perekonomian dalam negeri.

“Teknologi itu industri yang dapat meningkatkan pendapatan negara. Indonesia punya pengalaman cukup dalam teknologi. Teknologi pertahanan juga dapat membawa manfaat dalam perekonomian,” ujar JK, Rabu (5/11/2014).

“Kita mengenal tidak ada satupun yang tak pakai internet. Itu berasal dari teknologi militer. Perdagangan itu pakai kontainer, itu pakai teknologi militer. Itu artinya teknologi milter bisa bawa manfaat,” tambah JK.

JK menegaskan, negara-negara yang berpartisipasi dalam pameran ini bukanlah negara yang cinta perang. Sebaliknya, lanjut JK, acara ini harus dilihat sebagai ajang saling menjaga perdamaian.

“Kita hadir di sini untuk hadiri pameran peralatan perang, bukan berarti kita ingin perang atau saling membunuh. Tapi tujuannya jaga perdamaian, untuk mempertahankan negara. Itu upaya kita hari ini. Negara yang punya kekuatan, tidak hanya untuk perang tapi pertahanan yang kuat,” terang JK.

Pameran produk pertahanan dan ketahanan ini digelar 2 tahun sekali. Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dalam pidatonya menjelaskan, pameran ini sebagai wahana menjalin kerjasama antara swasta dan swasta, maupun dengan pemerintah. Kerjasama bisa dalam riset atau permintaan serta penawaran produk pertahanan.

Diharapkan pengunjung pameran mencapai 20 ribu orang, baik dari dalam maupun luar negeri. Pameran ini tercatat sebagai pameran berskala besar.

Selain dihadiri Wapres Jusuf Kalla dan Menhan Ryamizard Ryacudu, pembukaan Indo Defence 2014 juga dihadiri Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan HAM Tedjo Edhy Purdjianto, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri ESDM Sudirman Said, dan petinggi negara lainnya. ‎”Dengan mengucap Bismillah, saya resmikan‎ Indo Defence 2014,” ujar JK.

Share Button
Banner_468x60_biru312Banner_468x60_biru312
.:: Selamat dan Sukses Atas Kirab Resolusi Jihad dalam Rangka Memperimgati Hari Santri 22 Oktober 2015 ::. Selamat datang di website PCNU Gresik, kirimkan kritik dan saran anda ke kontak kami, dan untuk pemasangan iklan hubungi (031)3959597 atau melalui email ke pcnugresik@yahoo.co.id