Lembaga Falakiyah PCNU Gresik Kunjungi Observatorium Bosscha

Untuk meningkatkan kapasitas sumber daya (SDM) di lingkup Lembaga FalakiyahPCNU Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Sebanyak 15 orang pengurus melakukan kunjungan ke Observatorium Bosscha, yakni salah satu tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia.

Dalam kunjungan yang Nberlangsung beberapa hari kemarin, para pengurus melakukan pelatihan Standart Operasional Prosedur (SOP) penggunaan teropong. 

Tak hanya di Observatorium Bosscha di Lembang, Jawa Barat. LF PCNU Gresik juga berkunjung ke Imah No’ong, sebuah wisata edukasi planetarium yang dirancang Oleh Wakil Ketua Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU), Hendro Setyanto.

Ketua Ketua LF PCNU Gresik, H. Chisni mengatakan, selama ini pengurus yang bisa mengoperasikan teropong maupun teleskop dalam proses pengambilan atau pemotretan benda diluar angkasa hanya segelintir orang.

Maka dari itu, pihaknya menginginkan agar semua pengurus bisa terlibat aktif dalam penggunaan alat.

“Kami ingin tidak hanya satu atau dua orang saja yang menguasai secara teknis fungsi dari teropong maupun teleskop sehingga saat kegiatan rukyat yang digelar setiap bulannya, semua pengurus bisa berperan,” katanya, Jumat (21/9/2018).

Senanda dengan hal itu, Humas LF PCNU Gresik, Angga Purwancara membeberkan alasan kunjungannya ke Observatorium Bosscha sebagai langkah yang tepat untuk peningkatan sekaligus pengembangan SDM pengurus.

Sebab, kata dia Observatorium Bosscha merupakan tempat yang representatif dalam melakukan pembelajaran soal penerapan teropong yang sesuai SOP.

Lembaga Falakiyah PCNU Gresik memnginginkan Training Of Trainer (TOT) yang kami gelar ini bisa berlangsung efektif dan maksimal. Maka Observatorium Bosscha inilah merupakan tempat yang cocok bagi kami belajar, dari aspek sejarah dan peralatan semuanya lengkap,” tutur pria yang juga Jurnalis TV9 NUsantara itu. (*)

Sumber : www.timesindonesia.co.id

Share Button
Banner_468x60_biru312Banner_468x60_biru312
.:: Selamat dan Sukses Atas Kirab Resolusi Jihad dalam Rangka Memperimgati Hari Santri 22 Oktober 2015 ::. Selamat datang di website PCNU Gresik, kirimkan kritik dan saran anda ke kontak kami, dan untuk pemasangan iklan hubungi (031)3959597 atau melalui email ke pcnugresik@yahoo.co.id