1000 Santri dari Berbagai Lembaga Pendidikan Ikuti Upacara Hari Santri 2023 MWCNU Gresik

oleh -115 Dilihat
Ribuan Santri dari Berbagai Lembaga Pendidikan di Kecamatan Gresik Mengikuti Upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2023, di Sepanjang Jalan Pahlawan Gresik, Ahad (22/10/2023). Foto: Tangkapan Layar dok MWCNU Gresik/NUGres
Ribuan Santri dari Berbagai Lembaga Pendidikan di Kecamatan Gresik Mengikuti Upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2023, di Sepanjang Jalan Pahlawan Gresik, Ahad (22/10/2023). Foto: Tangkapan Layar dok MWCNU Gresik/NUGres

GRESIK | NUGres – Tiba pada puncak peringatan Hari Santri Nasional (HSN 2023) santriwan-santriwati dari Madrasah Ibtidaiyah-SMA, pengurus MWCNU, PRNU, Pimpinan Banom serta Forkompimcam Gresik mengikuti upacara bendera di sepanjang Jalan Pahlawan, Gresik pada Ahad (22/10/2023).

Mengangkat tema nasional ‘Jihad Santri, Jayakan Negeri’ upacara diikuti oleh kurang lebih 1000 peserta dan berlangsung lancar dan khidmat dimulai pukul 07.30 WIB hingga berakhir.

Ketua MWCNU Gresik Mokhammad Zainuri dalam amanatnya membacakan sambutan yang menyatakan bahwa peringatan hari santri adalah Santri harus mempunyai tiga kriteria.

“Kata Santri mempunyai singkatan “San” artinya bagus dari kata hasanun, dan “Tri” berarti tiga. Maka santri harus mempunyai tiga kriteria untuk menjadi santri yang unggul,” ungkapnya.

Simak Juga:  Nahdliyin Gresik Tumplek Blek di TPI, Ikuti Lumpur Bersholawat

Dilanjutkan, kriteria pertama santri harus memiliki bil Akhlaqul Karimah, budi pekerti yang baik, sebagai contoh suri tauladan bagi masyarakat.

“Lalu yang kedua, santri harus punya bil ilmi. Ilmu yang tinggi dan mumpuni untuk berperan aktif dalam kontribusi membangun bangsa. Dan yang ketiga, santri harus punya bihubbil wathan. Santri yang berjiwa kebangsaan dalam bingkai NKRI sebagai pemersatu bangsa,” terangnya.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan kalau Hari Santri bukanlah milik santri semata, hari santri adalah milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan.

“Karenanya saya mengajak semua masyarakat Indonesia, apapun latar belakangnya, untuk turut serta ikut merayakan Hari Santri. Merayakan dengan cara napak tilas perjuangan santri menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia,” sambungnya.

Simak Juga:  Peringati HSN 2023, PAC IPNU IPPNU Ujungpangkah Gresik Gelar Apel Pelajar dan Lailatus Sholawat

Di akhir amanatnya, Ketua MWCNU Gresik mengajak untuk istiqomah mendoakan para Kiai dan Santri yang telah berjuang membela dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Ia juga mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yg sudah membantu pelaksanaan upacara HSN ini. Pihaknya juga menyampaikan permohonan maaf bila ada kekurangan.

“Santri Indonesia yang saya banggakan, Selamat Hari Santri Nasional 2023. Jihad Santri, Jayakan Negeri,” tutup Mokhammad Zainuri.

Advertisment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *