Belajar dan Mengajar, Aktualisasi Nyata Kader PAC IPPNU Cerme Isi MPLS di SMP YPI Darussalam 1 Cerme

oleh -137 Dilihat
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU Cerme) menjalankan instruksi LP Maarif NU Gresik mengisi MPLS. Foto: Dok PAC IPPNU Cerme/NUGres
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU Cerme) menjalankan instruksi LP Maarif NU Gresik mengisi MPLS, Senin (17/7/2023). Foto: Dok PAC IPPNU Cerme/NUGres

CERME | NUGres – Geliat yang dilakukan kader PAC IPNU-IPPNU Cerme ibarat gayung bersambut. Seperti tadah hujan, kejernihan air yang datang tidak ingin disia-siakan. Karenanya, perlu diberikan wadah untuk menampung air tersebut. Alias, biar tidak mubadzir.

Memasuki tahun ajaran baru 2023/2024, gerak cepat dilakukan oleh dua kader PAC IPPNU Cerme sebagai pemateri untuk mengisi kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMP YPI Darussalam 1 Cerme, Senin (17/7/2023).

Ikhtiar ini dilakukan untuk menindaklanjuti instruksi dari Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (LP Ma’arif NU) Cabang Gresik beberapa hari lalu. Yang ditujukan bagi MTs/SMP/MA/SMA/SMK dibawah naungan LP Maarif NU, dalam menyambut peserta didik baru di lingkungan sekolahnya.

Pada kesempatan kali ini, Rekanita Faradilla Uqniyah Asya’adah sebagai Koordinator Departemen Pendidikan dan Pengkaderan bersama Rekanita Ella Fitri Handayani selaku Koordinator Departemen Jaringan dan Komunikasi dengan penuh semangat mendampingi peserta didik baru.

Simak Juga:  Sahabati Kartining Nakhodai PAC Fatayat NU Sidayu Gresik Masa Khidmat 2023 - 2027

Mereka berdua saling bergantian menyampaikan materi seputar Ahlussunah Waljama’ah Annahdliyah beserta keorganisasian pada IPNU IPPNU.

“Saya berharap siswa-siswi SMP Darussalam 1 Cerme, setelah MPLS banyak yang mendaftarkan diri menjadi anggota IPNU atau IPPNU, baik di sekolah maupun di rantingnya masing-masing,” ujar Rekanita Fara selaku Koordinator Departemen Pendidikan dan Pengkaderan PAC IPPNU Cerme.

Siswa baru nampak antusias ikuti MPLS dari PAC IPPNU Cerme. Foto: dok PAC IPPNU Cerme/NUGres
Siswa baru SMP YPI Darussalam 1 Cerme Gresik, nampak antusias ikuti MPLS dari PAC IPPNU Cerme. Foto: dok PAC IPPNU Cerme/NUGres

Terpisah, Kepala Sekolah SMP YPI Darussalam 1 Cerme Harianto mengaku bahagia bisa menjalin sinergitas yang baik dengan PAC IPNU-IPPNU Cerme.

“Saya sangat bangga sekali, peserta didik kami di SMP YPI Darussalam 1 Cerme, diberi materi penguatan Ahlussunah wal jama’ah An nahdhiyah sekaligus kaderisasi oleh IPNU IPPNU Cerme,” ucap dia.

Simak Juga:  Kawal 18 Sekolah Saat MPLS, PAC IPNU IPPNU Bungah Kirimkan Kader Terbaik

Selain itu, pihaknya juga telah mengganti lembaga penggerak siswa yang semula OSIS menjadi IPNU-IPPNU di dalam lingkungan sekolahnya. Hal ini seiring dengan adanya instruksi dari LP Ma’arif NU Cabang Gresik.

“Mulai sekarang kami gantikan total dengan Komisariat IPNU IPPNU, untuk menegaskan identitas lembaga kami yang beraliran Aswaja An Nahdhiyah,” jelas dia.

Melalui sinergitas yang sudah terjalin ini, pihaknya berharap agar kedepannya nanti terus berjalan memberikan sumbangsih kontribusi positif, khususnya di lingkungan NU dan umumnya bagi masyarakat sekitar.

“Kami juga berharap IPNU IPPNU terus memberikan pembinaan secara rutin kepada komisariat-komisariat yang ada di lembaga-lembaga NU, agar kaderisasi dan penguatan Aswaja terus dapat berjalan lebih efektif dan berkemajuan,” pungkas dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *