Di Rutinan Ngaji Idlotun Nasyiin, Ansor Bungah Bahas Korona

oleh -86 Dilihat
Pengajian rutin Ansor Bungah bersama KH. A. Fadhil Annadwi dengan kitab Idhotun Nasyiin

BUNGAH | NUGres – Pengajian rutin Ansor Bungah dengan kitab Idhotun Nasyiin karya Syech Mustofa Al-Gholayani oleh KH. A. Fadhil Annadwi malam tadi (14/3) berbeda dari biasanya. Virus Korona atau yang dikenal di dunia medis dengan covid-19 turut di bahas dicarikan solusinya.

Bertempat di Musholla Al-Ikhlas Bungah Gresik tersebut bertepatan membahas bab agama (الدين). Kitab karya ulama asal Mesir ini memang tergolong spesial, karena isinya lebih banyak seputar pembangunan karkter dan mental generasi muda.

Dalam penjelasanya, Kiai Fadhil mengungkap beberapa hal dalam agama yang bisa menjadi penangkal segala macam penyakit termasuk virus yang kini menghantui masyarakat global yaki Korona.

Kiai Fadhil menyebut diantaranya Pertama, agama merupakan solusi​ semua permasalahan termasuk pencegahan penyebaran virus covid 19 dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang halal dan menjaga kebersihan.

Simak Juga:  Momen HUT RI, GP Ansor Bungah Ziarahi Makam Pahlawan dan Muassis NU

“Jangan sampai menjadi dua pemuda sebagaimana dalam kitab ini, yakni pemuda yang menduga dirinya zuhud (tidak suka dunia) sehingga tidak mau bekerja keras dalam urusan duniawi. Padahal itu jauh dari konsep zuhud yg sebenarnya,” jelas Kiai asal Desa Legowo Bungah ini.

Zuhud itu bukan antipati terhadap harta benda sambung Kiai Fadil. Akan tetapi jika memiliki harta benda hatinya tidak menggunakanya untuk kesenangan-kesenangan duniawi.

“Dan yang kedua adalah pemuda yang melakukan kebatilan atas nama agama, ini adalah perilaku yang sangat berbahaya,” sambungnya.

Selain tindakan dan sikap demikian, menurut Kiai Fadhil selanjutnya adalah dengan do’a karena sesungguhnya Alalh SWT yang Maha Tahu dan Maha Menyembuhkan.

“Ada sholawat tho’un yang bisa kita baca sebagai do’a untuk terhindar dari segala penyakit terutama yang sifatnya mewabah,” ujar Kiai Fadhil.

Simak Juga:  Napak Tilas Kemerdekaan ke-75, PAC Ansor Bungah Tabur Bunga dan Pasang Bendera di Makam Pejuang

Redaksi sholawat tho’un sebagai berikut :اَ

اللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰی سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰی أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تَدْفَعُ بِهَا عَنَّا الطَّعْنَ وَالطَّاعُوْنَ يَا اَمْرُهُ إِذَا أَرَادَ شَيْئًا اَنْ يَقُوْلَ لَهُ کُنْ فَيَکُوْن

“Wahai Tuhanku, limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad Saw. dan kepada keluarga junjungan kami Nabi Muhammad Saw. dan kepada para sahabat beliau, dengan limpahan rahmat yang Engkau menolak dengannya dari kami, dari gangguan jin dim tha’un. Wahai Dzat yang perintahnya (urusan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu ( cukup) ‘liengan firman “Kun Fa Yakun” (jadilah!) maka seketika (terjadilah)”.

Diketahui, puluhan kader turut serta mengikuti pengajian yang juga membahas virus yang lagi viral ini, baik kader PAC Ansor Bungah dan PAC IPNU Bungah.

Kontributor : Rifq
Editor : A.Zain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *