Hilal Terlihat di Condrodipo, Gresik Pastikan Lebaran 2 Mei 2022

oleh -63 Dilihat

GRESIK | NUGres – Lembaga Falakiyah Pengurus Cabang Nahdhatul Ulama (LF PCNU) Gresik melakukan pemantauan rukyatul hilal untuk menentukan 1 Syawal 1443 H telah dilaksanakan di Bukit Condrodipo Kebomas Gresik, Minggu (1/5). LF PCNU Gresik memastikan Lebaran Idulfitri jatuh pada Senin 2 Mei 2022.

Kepastian tersebut berdasarkan hasil pengamatan, hilal berhasil dilihat oleh empat perukyat ahli. Mereka adalah Ustadz Inwanuddin yang melihat bulan pada pukul 17.25 WIB, Ustadz Syamsul Fuad pada pukul 17.25, Ustadzah Sholahuddin 17.25, dan Ustadz Abidusy Syakur 17.28.

Sekretaris LFNU PCNU Gresik Angga Purwacara mengatakan, empat saksi perukyat melihat Hilal dengan mata telanjang dan alat teleskop. Kumandang takbir pun dibaca oleh panitia. Hasilnya puasa ramadan terhitung 29 hari .
“Tim sudah melakukan pemantauan sejak pukul 17.13 WIB. Hilal mulai terlihat 17.25 sampai 17.33,” ungkap Angga.

Simak Juga:  Tandai Setengah Periode Berjalan, PCNU Gresik Gelar Tasyakuran dan Sarasehan

Angga menyebut, pemantauan Hilal ini sangat didukung faktor cuaca yang sangat cerah. Sehingga beberapa perukyat bisa menyaksikan hilal dengan mata telanjang.

“Faktor yang paling utama cuaca, sekitar 8 menit para perukyat melihat Hilal. Dengan ketinggian Hilal 4 derajat,” ujarnya.

Selanjutnya, lanjut Angga, pihaknya akan melaporkan hasil pemantauan hilal untuk kemudian dilaporkan ke PWNU dan PBNU serta Kemenag Jatim sebagai bahan sidang isbat Kemenag RI.

“Kemudian dilaporkan ke Kementrian Agama Pusat, hingga penentuannya,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *