Lembaga Kemaritiman PCNU Gresik Jajaki Kerjasama Dengan PENS ITS Surabaya

oleh -10 Dilihat

GRESIK | NUGres – 1 Agustus 2022 Lembaga Kemaritiman NU Gresik sedang menjajaki kerjasama peningkatan produksi perikanan bersama Politeknik Elektro Negeri Surabaya (PENS). Dalam kesempatan tersebut, Bapak Dr. Eng. Agus Indra Gunawan, ST. M.Sc, selaku kepala program studi S2 Teknik Elektro politeknik elektronika negeri surabaya memperkenalkan temuannya dan menjelaskan fungsi dan manfaat alat tersebut.

Harapan dari pertemuan ini terjadi mutual simbiosis antara Lembaga Kemaritiman NU Gresik dengan PENS untuk pengembangan produksi perikanan berbasis TIK yang berkelanjutan.

Dalam kesempatan tersebut, ia perkenalkan dengan alat Modul Quality Meter yang merupakan rangkaian modul yang berfungsi untuk mengukur standar ph air, temperatur dan salinitas air agar bandeng/windu/vaname/lainnya pertumbuhannya baik dan tidak mengalami stres ketika kondisi tidak normal. Alat ini memuat tampilan digital kondisi ph, temp dan salinitas air dan standar kualitas yang baik.

Simak Juga:  Diguyur Hujan Deras, Apel Pembukaan Susbalan Satkorwil Banser Jatim dan Satkorcab Banser Gresik Tetap Berlangsung

Penggunaan alat ini juga dapat diterapkan di setiap kolam tambak dengan rentang waktu 3 kali (pagi, siang/sore dan malam). Diprediksi, alat ini diminati para petambak semi intensif dan insensif.” Jelasnya

Di samping Modul Quality Meter, akan dikembangkan alat detector Pemantik Ikan (di laut) dan alat penghitung jumlah bibit yang analoginya dari wuwung/prayang maupun bagan. Insya Allah ke depan mengembangkan alat Smart Detection Technology (SMAF-DT) dengan dukungan basis aplikasi android. Untuk hambatan signal di laut, telah ada tekhnogi penangakap signal satelit yang mampu digunakan di manapun dan kapan pun. Sayangnya, teknologi ini masih mahal.”

“Kerjasama dan ujicoba akan diselenggarakan di kawasan tambak Gresik pada 31 Agustus 2021, dengan menghadirkan Bupati/Wabup Gresik, Kadis Perikanan dan Kelautan dan beberapa kelompok budidaya perikanan di kawasan Gresik.” Imbuh Agus Indra Gunawan.

Simak Juga:  Luar Biasa, Ratusan Pendekar Santri di Gresik Dibaiat Langsung Ketum Pagar Nusa Gus Nabil

Ketua Lembaga Kemaritiman NU (BKNU) Gresik Masruron Arfie berharap politeknik elekronika negeri Surabaya dapat menciptakan alat alat /produk IT Yang bisa membantu mempermudah dan meningkatkan hasil perikanan dan nelayan serta dunia kemaritiman guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir (2/8/2022).”ini juga nanti kita tindaklanjuti sebagai bagian kerjasama dan kolaborasi dengan pihak PENS Surabaya semoga bermanfaat untuk masyarakat nelayan pesisir kabupaten Gresik.” Tandas cak Ron sapaan akrabnya (Syafik Hoo)

Advertisment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *