Makesta Komisariat SMK HU Balongpanggang Cetak Pelajar NU yang Kreatif, Produktif dan Mandiri

oleh -123 Dilihat

BALONGPANGGANG | NUGres – Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) merupakan tahap kaderisasi pertama dalam organisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU).

Sebagai Sekolah Menengah Kejuruan milik Warga Nahdlatul Ulama, SMK Hidayatul Ummah (SMK HU) Balongpanggang Gresik mempunyai kewajiban untuk mencetak kader-kader generasi penerus NU yang tangguh di lingkungan Sekolah. Oleh karena itu SMK HU menyelenggarakan Makesta Pimpinan Komisariat (PK) IPNU IPPNU.

Hal itu dikatakan Kepala SMK HU Ibu Yulistiana, S. Kom dalam Apel pembukaan Makesta PK IPNU dan IPPNU SMK HU di Villa Asriloka Wonosalam Jombang, Sabtu (3/9/2022).

“Ini kegiatan kaderisasi di organisasi NU tingkat pelajar yang diadakan oleh SMK HU. Maka, Makesta harus mencetak generasi yang bisa menghidupkan NU di ranah dunia pendidikan,” kata Ibu Yulistiana.

Simak Juga:  Empat Tersangka Penistaan Agama di Kota Santri Masuk Bui

Kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 3-4 September 2022 ini diikuti 41 peserta, terdiri dari 14 orang anggota IPNU dan 27 anggota IPPNU.

Sementara itu Bapak Adlan Arif, Waka Kesiswaan SMK HU mengatakan, pada Makesta ini peserta akan diberikan materi-materi ke-NU-an dan keorganisasian.

“Peserta diberikan materi dasar untuk memperkuat pondasi NU, dari materi tentang ke-aswaja-an, ke-IPNU dan IPPNU-an, Keorganisasian dan ditambah lagi materi tentang leadership dan kegiatan luar ruangan untuk menghindari kejenuhan peserta” kata Bapak Adlan.

Makesta di SMK HU ini merupakan salah satu bentuk perubahan besar yang di lakukan SMK HU. Yang sebelumnya organisasi siswa di SMK HU adalah OSIS, namun sekarang organisasi siswa nya adalah PK IPNU IPPNU, Lanjut Bapak Adlan.

Simak Juga:  PC IPNU IPPNU Gresik Tutup Peringatan Harlah IPNU 68 IPPNU 67 dengan Talkshow bareng Wagub Emil

Makesta merupakan bagian dari jenjang kaderisasi NU yang pertama di kalangan pelajar. Oleh karena itu, Makesta harus bisa melahirkan generasi penerus NU di masa mendatang.

“Kader NU juga harus dilatih untuk kreatif, mandiri dan produktif agar mampu mewujudkan kemandirian organisasi,” pungkasnya. (SA)

Responses (21)

  1. SMK BISA

    SMK LUAR BIASA

    MAKESTA IPPNU IPNU SMK HU👍

    BANGGA MENJADI KELUARGA BESAR SMK HU👍🧐🐲

    SMK Hidayatul ummah jaya 👍

  2. SMK BISA

    SMK LUAR BIASA

    MAKESTA IPPNU IPNU SMK HU👍

    BANGGA MENJADI KELUARGA BESAR SMK HU👍

    SMK Hidayatul ummah jaya 👍

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *