MWCNU GRESIK Gelar Apel di Pendopo Kabupaten Gresik, Inspektur Ingatkan Cita-cita Luhur Santri

oleh -52 Dilihat
Apel Hari Santri 2022 juga nampak digelar MWC NU Gresik di Pendopo Kabupaten Gresik, Sabtu (22/10/2022). Inspektur Upacara sampaikan Amanah PCNU Gresik. Foto : Rahman/NUGresik

GRESIK | NUGres – Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU Gresik), menggelar Apel Hari Santri Nasional 2022 di Halaman Pendopo Kabupaten Gresik, Sabtu (22/10/2022).

Apel HSN diikuti kurang lebih 1000 santri yang berasal dari Sekolah/Madrasah, serta Pesantren di Kecamatan Gresik serta pengurus MWCNU Gresik, Lembaga dan Badan otonomnya.

Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipandu oleh Paduan Suara SMP Muallimat NU dan Lantunan Ayat Suci Alquran serta sholawat Badar oleh Ustadz Chusnul Chuluq.

Bertugas sebagai Inspektur Apel Hari Santri MWCNU Gresik yakni KH Solihun Hadi. Kiai Solihun hadir mewakili PCNU Gresik untuk menyampaikan amanat apel dengan menggelorakan semangat perkhidmatan kepada NU pada momentum Hari Santri tahun 2022.

“Di era kemajuan teknologi informasi dan komunikasi ini, santri harus kreatif, inovatif, dan adaptif terhadap nilai-nilai baru yang baik sekaligus teguh menjaga tradisi dan nilai-nilai lama yang baik. Santri tidak boleh kehilangan jati dirinya sebagai Muslim yang berakhlakul karimah, yang hormat kepada kiai dan menjanjung tinggi ajaran para leluhur. Santri disatukan dalam asâsiyât (dasar dan prinsip perjuangan), khalfiyat (background sejarah), dan ghâyat (tujuan)” demikian paparan Kiai Solihun.

Simak Juga:  Malam Tirakatan Dilakukan Sejumlah Kader, Jelang Pelantikan dan Raker PC IPNU IPPNU Gresik 2023-2025

Sementara itu, Ketua MWCNU Gresik, H Muhammad Machsun, membacakan teks resolusi jihad  yang menjadi cikal bakal hari santri. Dilanjutkan kemudian pembacaan ikrar santri oleh Rekan Fabino Arliansyah diikuti ribuan santri yang mengikuti apel.

Melalui Ketua PAC GP Ansor Gresik, Ahmad Rahman Budiman, Ketua Pelaksana Rangkaian HSN 2022 MWCNU Gresik, M. Zainuri melaporkan seluruh rangkaian acara HSN 2022 sejauh ini berjalan dengan lancar.

Lebih lanjut, Rahman juga menjelaskan bila kekompakan Pemuda di Gresik sebagai respon nyata Hari Santri yang harus disambut dan dipersiapkan secara optimal.

“Mengutip dawuh Gus Yahya, Ketum PBNU, Hari Santri Nasional adalah Peringatan jasa dan keteladanan para pahlawan secara umum, yakni sebagai momentum mengenang kepahlawanan segenap bangsa Indonesia, bukan hanya satu kelompok tertentu saja,” tandas Rahman.

Simak Juga:  Pengukuhan PAC GP Ansor, MDS RA dan Satkoryon Banser Gresik Masa Khidmat 2023 - 2025, Teladani Kepemimpinan KT Poesponegoro

Rahman juga menginformasikan bila pekan depan Panitia HSN MWCNU Gresik bekerjasama dengan salah satu media di Gresik, bakal menyelenggarakan Mlaku Sarungan Bareng Bupati dan Wakil Bupati Gresik dan Pawai Santri Kreatif.

Event Mlaku Sarungan itu akan digelar pada Ahad 30 Oktober 2022 di Area Wahana Ekspresi Poesponegoro Gresik dan sepanjang Jl Jaksa Agung Suprapto, Gresik, dengan target 5000 peserta. (HO/NUGres)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *