Ngecobar, Cara Fatayat NU Ranting Dukuh Ajak Kader Terampil dan Undang Cuan

oleh -93 Dilihat
Ecoprint media kain Fatayat NU Ranting Dukuh Bungah
Ekonomi Kreatif. Kader Pimpinan Ranting Fatayat Nahdlatul Ulama Dukuh Bungah, berlatih membuat ecoprint sebagai ikhtiar membangun kemandirian ekonomi. Foto : PR Fatayat NU Dukuh/NUGres

BUNGAH | NUGres – Pimpinan Ranting (PR) Fatayat NU Dukuh bersama Pimpinan Anak Cabang Bungah, menggelar kegiatan menarik untuk mengisi waktu luang di akhir pekan. Pelatihan Ecoprint, sebagai ikhtiar mengasah keterampilan sekaligus kemandirian ekonomi anggota.

Anggota PR Fatayat NU Dukuh Anak Cabang Bungah Gresik, Cucuk Lailatus Sukriyah, menjelaskan bila kegiatan yang dilakukan Fatayat NU Ranting Dukuh ini diistilahkan dengan Ngecobar.

Ngecobar itu kegiatan pencetakan kain dengan bahan alam. Ada pun tehniknya dikenal dengan eco pounding,” kata Cucuk Lailatus Sukriyah, Ahad (29/1/2023).

Kegiatan ini terinspirasi dari hasil obrolan santai kemudian menggali ide bersama. Lalu kemudian anggota Fatayat NU Dukuh tertarik dan mulai menggiati ketrampilan mengambil bentuk sekaligus warna dari berbagai dedaunan untuk membuat ecoprint.

Simak Juga:  Jaga Konfercab PCNU Gresik, GP Ansor Siagakan Ratusan Banser

Sementara menurut Ketua Pimpinan Ranting Fatayat NU Dukuh, Nurul Hidayah, menyampaikan bila tujuan acara ini demi terwujudnya kemandiran fatayat ranting dukuh bungah.

“Bahwasannya di era modern saat ini kegiatan Fatayat NU tidak hanya berupa kegiatan rutin dhiba’ saja, melainkan banyak kegiatan lainnya yg bisa di lakukan seperti yg lagi booming saat yaitu tentang ecoprint,” kata Uyung, sapaan akrabnya.

Ditambahkannya, melalui kegiatan ini diharapkan bisa menambah wawasan dan keterampilan anggota, menjadi tambahan penghasilan untuk keluarga dan akan didorong menjadi produk unggulan Fatayat ranting dukuh bungah.

Melihat kreatifitas jajarannya ini, Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU Bungah, Nur Laili, mengapresiasi dan mendukung kegiatan bagi kader Fatayat NU dalam mengisi waktu luang.

Simak Juga:  Meski Lebaran di Tengah Pandemi, Penambang Perahu Raup Untung 3 Kali Lipat

“PAC Fatayat NU Bungah sangat mengapresiasi pelatihan yang diadakan oleh PR Fatayat NU Dukuh, tentunya bertujuan mengedukasi dan memberikan ilmu pengetahuan tentang “eco ponding” mudah mudahan melalui kegiatan semacam ini anggota Fatayat pada umumnya bisa merealisasikan sehingga kemandirian ekonomi di internal fatayat dapat terwujud,” kata Laili. (Zacky)

Advertisment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *