PC LPBI NU Gresik Gelar Gladi Ruang Untuk Susun SOP Tanggap Bencana

oleh -62 Dilihat

GRESIK | NUGres – Lembaga Penanggulangan Kebencanaan dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama yang dikenal dengan LPBI NU, menggelar pelatihan kepada masyarakat tentang Gladi Ruang/TTX (Table Top Exercise), bertempat di Desa Metatu, Senin 15/08/2022 dan Punduttrate, Selasa, 16/08/2022.

Kegiatan pelatihan tersebut merupakan rangkaian Progam PKMM CBA dari Siap Siaga Paladium yang sudah berjalan Dua Tahun lebih.

Menurut Ketua Ketua LPBI NU Gresik, Solihul Fathoni menjelaskan, kegiatan pelatihan Gladi Ruang/TTX (Table Top Exercise) adalah bagian dari rangkaian Progam yang sudah kita laksanakan. Sebelumnya, juga pernah dilaksanakan kajian resiko kebencanaan.

“Kami pengurus LPBI NU Gresik berharap, agar kegiatan ini bisa di manfaatkan secara maksimal sehingga harapan kita bersama dalam mewujudkan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi bencana bisa kita realisasikan khususnya di Desa Punduttrate ini,” jelas Toni.

Simak Juga:  Memasuki Musim Penghujan, LPBI SER NU Gresik Lakukan Koordinasi Bersama Relawan

Kegiatan pelatihan ini berkolaborasi dengan BPBD Kab Gresik yang kali ini dihadiri oleh Agus Setiawan dan juga fasilitator program PKMM CBA Siap Siaga Paladium dari Jakarta.

Dalam kesempatan memberikan materinya, Agus Setiawan yang mewakili BPBD Kabupaten Gresik menyampaikan apresiasinya kepada LPBI NU Gresik terhadap kegiatan pelatihan Gladi Ruang/TTX (Table Top Exercise).

“Kegiatan semacam ini sangatlah penting dan sangat dibutuhkan, kita semua tentu tidak berharap adanya bencana tapi siapa yang bisa menjamin kalau bencana itu tidak ada, oleh karena itu karena bencana itu datang nya tiba tiba, sehingga kesiap sagaan masyarakat dalam menghadapi bencana itu menjadi satu hal yang penting salah satunya desa harus mempunyai SOP Kebencanaan,” ucap Agus.

Simak Juga:  Nyadhong Dunga Medhar Sabda, Haul Masyayikh dan Tadarus Budaya Ala Ponpes Al Ikhlas Panceng

Dalam pelatihan ini, diikuti peserta dari berbagai unsur yakni pemerintahan desa dan juga tokoh masyarakat baik dari unsur RT, RW, PKK, Posyandu, Karangtaruna serta bidan desa.

Apresiasi juga diberikan oleh Kepada Desa Metatu dan Punduttrate saat memberikan sambutan pelatihan yang diadakan LPBI NU Gresik selama ini.

Gladi ruang yang dipandu oleh tim fasilitator dari program PKMM CBA Siap Siaga Paladium ini berjalan dengan baik dan seluruh peserta juga mengikuti proses tahapan materi secara antusias. Sehingga Forum diskusi yang efektif tersebut diharapkan menghasil out put Dokumen SOP yang proporsional. (Mudzakir)

Advertisment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *