PCNU dan Pemkab Gresik Gelar 1.000 Khataman Al Quran hingga Ngaji Bareng Gawagis

oleh -173 Dilihat
Puncak Hari Santri Nasional 2022, PCNU Gresik bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Gresik menggelar 1.000 khataman Al-Qur'an. Foto : Istimewa/NUGres

GRESIK | NUGres – Lantunan ayat suci Al Qur’an berkumandang di sejumlah lembaga pendidikan di Kabupaten Gresik. Kegiatan berjuluk 1000 khataman Al-Quran ini digelar oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Gresik bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Gresik.

Mewakili penyelenggara, Wakil Ketua PCNU Gresik, Dr H Ahmad Jazuli menyatakan bila khataman yg dilaksanakan serta digelar secara serentak ini berlangsung di sejumlah lembaga pendidikan Ma’arif NU maupun sekolah negeri.

“Ada sekolah besar yang bisa khatam 3 kali karena setiap anak mendapatkan 1 juz, kalau siswanya 100 maka bisa khatam 3 kali. Tetapi ada sekolah kecil yg bisa khatam 1 kali,” terang Pak Jajuk, sapaan akrab Dr Jazuli, Sabtu (17/12/2022).

Ditambahakannya, lembaga Maarif NU Gresik yang mengikuti khataman ini mulai tingkat MI/SD, SMP/MTs, MA/SMA/SMK sekitar 512 lembaga. Kemudian, ditambah dari SMPN di Kabupaten Gresik berjumlah 34 lembaga.

“Insya allah untuk mencapai 1000 khatam terpenuhi, akan tetapi tidak menutup kemungkinan ada sekolah yang tidak bisa ikut secara virtual/zoom karena ada bebarengan dengan kegiatan lain, maka sekolah mengambil kebijakan dengan cara melakukan khataman pada hari sebelumnya hari Kamis dan Jumat,” imbuhnya.

Simak Juga:  MI Al-Ma'arif Sukomulyo Borong Juara Pencak Silat Kids

Diketahui, 1.000 khataman ini dipandu langsung oleh jajaran Syuriah, Tanfidziyah, dan Jamiatul Quro’ wal Huffad (JQH NU Gresik), dari Musholla An-Nahdlah Kantor NU Gresik. Dibuka mulai pukul 08.00 WIB oleh KH Ainur Rofiq, dan sambutan dan sekaligus  pembukaan oleh KH Nurudin, kemudian ditutup Do’a khotmil Qur’an oleh KH Ainur Rofiq. Gerakan khataman ini insyaallah akan dilaksanakan setiap tahun dan akan terus disempurnakan pelaksanaanya. Acara selesai tepat pukul 10.00 WIB.

Sesi Kedua, Ngaji Bareng Gawagis

Selain kegiatan 1.000 khataman Al Quran oleh sejumlah lembaga pendidikan di Kabupaten Gresik yang notabene rangkaian HSN 2022 serta menyambut 1 Abad NU ini, selanjutnya pada Senin (19/12/2022) mendatang, pukul 08.00 – 12.00 WIB, akan diselenggarakan Ngaji Bareng Gawagis di Wahana Ekspresi Poesponegoro, Jl Jaksa Agung Suprapto, Gresik.

Simak Juga:  Cinta NU, Keluarga Asal Madura ini Beri Nama Anaknya Nahdlatul Ulama dan Rijalul Ansor

Kegiatan kolaborasi Pemkab Gresik Bagian Kesra dan PCNU Gresik ini juga bakal disemarakkan dengan berbagai ekspresi kesenian dan bakat. Diantaranya drumband selamat datang oleh MINU Tratee Putri didepan WEP, lalu pameran 10 Pondok Pesantren yang berada di kabupaten Gresik.

“Pameran ini dengan tujuan memperkenalkan bahwa di kabupaten Gresik juga banyak pondok pesantren yang sangat baik sehingga orang tua tidak perlu lagi jauh jauh di kabupaten lain” imbuhnya.

Adapun sebelum ngaji bareng, para audiens akan mendapatkan sajian alunan musik orkestra SMA NU 1 Gresik yang sudah pernah tampil di depan presiden Joko Widodo.

“Kita ingin menunjukkan pada masyarakat bahwa santri itu tidak hanya pinter ngaji tok tapi santri juga mengembangkan bakatnya,  multi-talenta sesuai bakat seni masing-masing,” tambahnya.

Lesbumi juga menunjukan kebolehannya dengan musikal puisi, Membaca sholawat nabi Mahalul qiyam yg akan dipimpin oleh KH Umar Thoha. Rencanaya 3.000 orang akan hadir dalam kegiatan ini. (Chidir)

Advertisment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *