Pemangku Pesantren Qomaruddin Undang Warga Gresik Ikuti Puncak Haul Bungah 2023, Berikut Jadwal dan Rangkaian Acaranya

oleh -2215 Dilihat
Flyer publikasi puncak acara Haul ke 125 KH Soleh Tsani atau Hau Bungah 2023. Foto/ilustrasi: Qomaruddin.com/NUGres
Flyer publikasi puncak acara Haul ke 125 KH Soleh Tsani atau Hau Bungah 2023. Foto/ilustrasi: Qomaruddin.com/NUGres

GRESIK | NUGres – Pemangku Pondok Pesantren Qomaruddin, KH M Ala’uddin mengajak dan mengundang warga Gresik yang ingin berburu keberkahan para masyayikh dan muassis pesantren tertua di Kabupaten Gresik tersebut.

“Kami harapkan kehadirannya kepada seluruh masyarakat, alumni. Monggo kita ramaikan Haul KH Sholeh Tsani Ke-125. Mari bersama-sama mengharapkan barokah dari Mbah Sholeh Tsani dan para muassis Pondok Pesantren Qomaruddin,” tutur Kiai Alauddin, melansir laman resmi Pondok Pesanten Qomaruddin Gresik, Qomaruddin.com.

Seperti diketahui, Haul Bungah 2023 sendiri merupakan peringatan wafat ke 125 tahun KH Soleh Tsani. Gelaran ini juga disebut sebagai “Riyoyone wong Bungah”. Hal ini karena saking ramainya para tamu, baik dari dalam maupun luar desa Bungah, Gresik.

Puncah Haul ke – 125 KH Soleh Tsani diselenggarakan selama dua hari. Yakni pada hari Rabu – Kamis, tanggal 6 – 7 Desember 2023. Kegiatan terpusat di Lapangan SMA Assa’adah, Bungah, Gresik.

Jadwal dan Rangkaian Acara

Berikut ini jadwal dan rangkaian acara Haul ke – 125 KH Soleh Tsani atau yang kerap dikenal dengan Haul Bungah, tahun 2023.

Rabu 6 Desember 2023

Pelaksanaan kegiatan dimulai pagi hari sekira pukul 05.00 – 12.00 WIB dengan acara Tadarus bil ghoib.

Selanjutnya, pada malam hari digelar Lailatul Qiroah yang akan dihadiri Qori’ Internasional Muhammad Reza Maulana. Kedua acara itu digelar di Halaman SMA Assa’adah.

Kamis 7 Desember 2023

Dimulai pada pagi hari, digelar Silaturahmi Nasional Ikatan Keluarga Besar Alumi (SILATNAS IKBAL Qomaruddin #2).

Silatnas IKBAL Qomaruddin tersebut akan diisi dengan soft-launching Kitab Safinah bi riwayati KH Sholeh Tsani.

Sementara para tokoh yang dijadwalkan hadir di antaranya; KH. Umar Thoha, Lora Usman Hasan (Pamekasan), Gus Najib (LTN PWNU Jatim), KH. Makmun dan KH. Husnan Ali.

Selanjutnya, pada siang hari pukul 12.00 WIB sampai selesai, puncaknya, tahlil. Dalam Haul kali ini, akan digelar bebarengan tahlil putri dan putra.

Mauidhoh hasanah akan disampaikan oleh KH. Reza Ahmad Zaid dari Pondok Pesantren Lirboyo. Tahlil juga akan digelar di halaman SMA Assa’adah Bungah Gresik

Lalu di malam hari, akan diadakan Lailatul Hadrah ISHARI, yang juga bakal dilaksanakan di halaman SMA Assa’adah.

Kantong Parkir

Kantong parkir juga telah disiapkan oleh pihak panitia. Untuk parkir umum akan ditempatkan di SMK Assa’adah dan Universitas Qomaruddin. Lalu akan ada kendaraan untuk dropping dari lokasi parkir ke lokasi haul.

Khusus untuk sepeda (motor), bisa parkir di eks bengkel SMK Assa’adah atau sekarang MI Assa’adah dan parkiran sekolah yang ada di belakang gedung SMP Assa’adah. Ketika lokasi parkir sepeda penuh, maka akan diarahkan ke SMK Assa’adah dan Universitas Qomaruddin.

Selain itu, terdapat juga kantong-kantong parkir untuk roda dua yang telah disediakan oleh pemerintah desa dan warga sekitar di dekat area acara, seperti di MAN 1 Bungah, Perguruan Muhammadiyah, hingga Mushala Al-Ikhlas.

Response (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *