Ru’yatul Hilal LFNU Putuskan Awal Sya’ban Kamis

oleh -85 Dilihat
Ketua DPRD Gresik Fandi Ahmad Yani tampak melihat hilal gunakan teropong didampingi Ketua LFNU Kiai Chisni Umar Burhan, Rabu (25/3).

GRESIK | NUGres Pengurus Cabang Lembaga Falakiyah Nahdhatul Ulama (PC LFNU) Kabupaten Gresik laksanakan rukyatul hilal atau observasi bulan di Balai Rukyat, Bukit Condrodipo, Kecamatan Kebomas. Gresik pada Rabu sore (25/3).

Kegiatan yang bertujuan untuk menentukan awal bulan sya’ban 1441 H tersebut di hadiri Ketua DPRD Gresik Fandi Ahmad Yani dan sejumlah pengurus LFNU. Kegiatan ini digelar terbatas, serta sangat ketat dengan protokol kewaspadaan Covid-19. Hal ini di sampaikan oleh Wakil Ketua LFNU Gresik, Muhyiddin Hasan.

“Sesuai dengan arahan Pemerintah RI, PBNU dan PWNU Jatim tentang kewaspadaan Covid-19, maka rukyatul hilal kali ini kita batasi,” kata Muhyiddin.

Selanjutnya, hasil rukyatul hilal menetapkan awal bulan Sya’ban 1441 H pada hari Kamis 26 Maret 2020, penetapan dilakukan atas dasar istikmal (genap 30 hari bulan rajab) sebab saat observasi kondisi langit mendung dan tidak dapat melihat hilal.

Simak Juga:  SMA Assa'adah Belajar Ilmu Falak Langsung di Condrodipo Bersama LFNU Gresik

“Rukyat 2 hari ini mendung,” singkat Muhyiddin.

Ketua DPRD Gresik pun ikut mencoba melihat hilal dengan alat teropong milik LFNU. Selanjutnya rukyatul hilal akan digelar sebulan ke depan untuk menentukan bulan Ramadhan. (Rifq)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *