Tandai Hari Pahlawan, Kopri Gresik Napak Tilas Perjuangan Nyai Siti Fatimah binti Maimun

oleh -89 Dilihat
Menandai Hari Pahlawan, sejumlah pengurus Korps PMII Putri (Kopri) Gresik berziarah ke Makam Nyai Siti Fatimah binti Maimun, Leran Manyar Gresik, Sabtu (11/11/2023). Foto: dok Kopri Gresik/NUGres
Menandai Hari Pahlawan, sejumlah pengurus Korps PMII Putri (Kopri) Gresik berziarah ke Makam Nyai Siti Fatimah binti Maimun, Leran Manyar Gresik, Sabtu (11/11/2023). Foto: dok Kopri Gresik/NUGres

GRESIK | NUGres – Momentum Hari Pahlawan, identik dengan gairah menumbuhkan kembali semangat perjuangan dan kecintaan pada negeri, tak terkecuali anak muda sebagai tonggak perubahan dan perjuangan.

Melalui kegiatan napak tilas pahlawan se-Jawa Timur yang diselenggarakan serentak oleh Kopri Cabang Se Jawa Timur di setiap daerah, termasuk Kopri PC PMII Gresik menggelar ziarah makam Siti Fatimah binti Maimun di kompleks makam panjang, Desa Leran, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Sabtu (11/11/2023).

“Selain dalam rangka peringatan Hari Pahlawan, kegiatan ini menjadi bagian dari rangkaian Harlah ke 56 Korp PMII Putri. Kiprah perempuan melalui organisasi Korps PMII Puteri menjadi penting dalam tubuh pergerakan. Sebagai bentuk refleksi pergerakan perempuan di tiap zaman,” kata Nur Aflaha, Ketua Korpri Cabang Gresik.

Simak Juga:  Forum Warga Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Ajak PMII Gresik Ambil Peran Aktif Awasi Pemilu 2024

Lebih lanjut sahabati Nur Aflaha sapaanya menyampaikan kalau gelaran ziarah makam pahlawan perempuan penyebar ajaran agama Islam di Nusantara, yakni Siti Fatimah binti Maimun.

Diketahui, Siti Fatimah binti Maimun merupakan saudagar perempuan yang singgah di wilayah Gresik dan juga membawa misi dakwah dalam kegiatan berdagangnya di masa silam. Sosok yang masih minim sekali sumber referensi terkait kisah beliau di masa menyebarkan ajaran agama islam.

“Oleh karena itu, sebagai bagian dari aktivis perempuan muda yang memiliki semangat pergerakan, maka menjadikan sosok Siti Fatimah binti Maimun sebagai suri tauladan kegigihan beliau sebagai ulama’ perempuan dalam menyebarkan ajaran agama islam di Nusantara,” imbuhnya.

Simak Juga:  Delapan Jam Menyeberang dari Bawean, Sahabat Ridho Disaksikan Orang tuanya Dilantik jadi Pengurus PMII

“Sosok Siti Fatimah binti Maimun ini salah satu makam ulama’ perempuan pejuang penyebaran ajaran agama Islam di tanah jawa. Selain itu, kitaa juga bisa melihat bahwa kemandirian ekonomi melalui kegiatan berdagang juga tercermin dalam kisah beliau,” pungkas Nur Aflahah.

Advertisment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *