Tingkatkan Kapasitas SDM, KSPPS NU Dukun Gresik Selenggarakan Diklat

oleh -63 Dilihat
Puluhan peserta ikuti peningkatan kapasitas yang diselenggarakan oleh KSPPS NU Dukun, Sabtu (11/11/2023) di Aula KH Hasyim Asy'ari Gedung MWCNU Dukun. Foto: dok KSPPS NU Dukun/NUGres
Puluhan peserta ikuti peningkatan kapasitas yang diselenggarakan oleh KSPPS NU Dukun, Sabtu (11/11/2023) di Aula KH Hasyim Asy'ari Gedung MWCNU Dukun. Foto: dok KSPPS NU Dukun/NUGres

DUKUN | NUGres – Unit usaha Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Dukun, Koperasi Simpan Pinjam dan Pembayaran Syariah (KSPPS) NU Dukun, membekali anggota dengan pendidikan dan pelatihan (Diklat) Koperasi Syariah, Sabtu (11/11/2023).

Diikuti puluhan orang, kegiatan peningkatan kapasitas sumberdaya manusia menjadi program KSPPS NU Dukun berlangsung di Aula KH Hasyim Asy’ari MWCNU Dukun Jalan Raya Mojopetung Dukun Gresik, dengan tema “Peningkatan Kapasitas SDM KSPPS NU Dukun Menuju Koperasi Sehat, Mandiri dan Bermanfaat”.

Beberapa agenda Diklat perkoperasian ini adalah upaya peningkatan dan pemahaman anggota koperasi KSPPS untuk bisa membaca neraca keuangan, SOP, regulasi, dan program manfaat dari KSPPS NU Dukun. Disamping agenda Rapat Anggota Rencana Kerja (RARK) untuk tahun buku 2024.

Ketua KSPPS NU Dukun H Muanan S.H., M.Si. menyampaikan, kegiatan ini sesuai dengan amanah program KSPPS dalam rapat anggota.

Simak Juga:  Di Pertemuan Rutin PAC Muslimat NU Dukun, Wabup Gresik Ajak Banom NU Saling Terus Bersinergi

“Pendidikan dan pelatihan koperasi untuk anggota dan pengurus koperasi karena disamping kita melaksanakan kewajiban iuran wajib koperasi dan transaksi yang lainya, anggota juga harus faham akan dasar dan kapasitas keberadaan KSPPS,” ungkapnya.

Ketua KSPPS NU Dukun, H Muanan S.H., M.Si. saat menyampaikan sambutannya. Foto: dok KSPPS NU Dukun/NUGres
Ketua KSPPS NU Dukun, H Muanan S.H., M.Si. saat menyampaikan sambutannya. Foto: dok KSPPS NU Dukun/NUGres

Dengan kegiatan ini, imbuh dia, sekaligus dapat memberikan informasi secara terbuka berkaitan dengan laporan dan program KSPPS.

Lebih lanjut, H. Muanan berharap ke depan setelah pelatihan ini, semua pengurus, pengawas, pengelola maupun anggota akan lebih jauh memahami bagaimana pengelolaan koperasi syariah secara sehat dan kuat.

Pada momen RARK tahun buku 2024 ini juga diserahkan pula gerobak kepada UMKM di wilayah Dukun dengan harapan akan dapat lebih berdaya lagi.

“Sehingga kami berkewajiban membantu Pemerintah Gresik dalam pemberdayaan ekonomi Masyarakat melalui program “Tebar Manfaat Untuk Umat” yang sangat kongkrit kita berikan kepada Masyarakat khususnya warga Nahdliyin,” tutup H Muanan yang kini juga mengemban tugas sebagai Ketua Pengurus Cabang Lazisnu Gresik.

Simak Juga:  Hadiri Pengajian Gus Iqdam, Puluhan Ribu Mustamik Tumplek Blek di Tanjangawan Ujungpangkah Gresik
Penyerahan gerobak dari KSPPS NU Dukun untuk penggiat UMKM di Wilayah NU Dukun. Foto: dok KSPPS NU Dukun/NUGres
Penyerahan gerobak dari KSPPS NU Dukun untuk penggiat UMKM di Wilayah Dukun. Foto: dok KSPPS NU Dukun/NUGres

Kegiatan Diklat Koperasi Syariah ini juga menghadirkan pemateri Dr Nur Kholis Majid M.Hi Sekretaris LDNU Jatim. Dalam materi yang disampaikan, ia mengajak kepada anggota koperasi KSPP NU Dukun untuk selalu meningkatkan SDM perkoperasian Syariah dengan selalu update wawasan keilmuan serta regulasinya. Ia juga salut atas pencapaian KSPPS NU Dukun yang memiliki aset miliaran.

Turut hadir pada acara ini Rais Syuriyah MWCNU Dukun Dr KH Ahmad Thoyyib Mas’udi, Ketua MWCNU Dukun KH Moh Sholeh MAg, Katib Syuriyah KH Moh Amin Syam, Pengawas Koperasi KH Moh Yahya Syam, Bendahara MWCNU Dukun sekaligus Anggota DPRD Gresik H Husnul Aqib, Sekretaris MWCNU Dukun H Asyikin, serta tokoh yang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *