Ustazah Sofia, Kenalkan Ramadhan pada Anak Melaui Konten Video Pendek

oleh -416 Dilihat
Guru inovatif
Ustazah Sofia Khoirun Nisa', Pendidik Kreatif perkenalkan anak-anak Bulan Suci Ramadhan melalui konten digital. Foto : NUGres

KEDAMEAN| NUGres – Sosok perempuan bernama lengkap Sofia Khoirun Nisa, memang memiliki kemampuan dan inisiatif luar biasa.

Bagaimana tidak? Di tengah kesibukan studi serta mengurus rumah tangga, ia masih memberikan perhatian terhadap dunia pendidikan anak. Ustazah Sofia layak mendapat apresiasi.

Diketahui, Ustazah Sofia memiliki kemampuan kreatif dalam mengolah konten digital sebagai media pembelajaran.

NUGres pun tertarik untuk menelisik lebih lanjut, tentang bagaimana awal mula proses krearif konten materi pembelajaran yang beberapa waktu lalu ia bagikan di sebuah grup Whatsapp Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kabupaten Gresik

Melalui sebuah wawancara singkat, Ustazah Sofia berkisah, jikalau proses kreatif konten tersebut berawal dari keinginannya berbagi praktik baik.

“Ide awalnya sih bagaimana semua guru agar memiliki kreativitas dan mau berinovasi. Apalagi kini zaman serba digital,” kata Ustazah Sofia, mengawali kisahnya.

Seluruh konten materi pembelajaran, Ustazah Sofia telah merangkainya sendiri. Ia memprosesnya melalui perangkat komputer bahkan gawainya.

Simak Juga:  Mulai Hari ini RSI Mabarrot MWCNU Bungah Gresik Resmi Layani Pasien BPJS

Adapun pada proses kreatif seperti lirik lagu dan pengisi suara, ia yang menggubahnya sendiri. Pengisi suara pun demikian, ia sendiri yang menjadi dubber-nya.

Soal bernyanyi, Ustazah Sofia terdengar menyuarakannya secara lantang dan merdu. Ia terbiasa dengan tarik suara hingga kini juga membina sebuah grup sholawat (Al Banjari).

“Agar visualnya menarik, maka saya tambah dengan ilustrasi video animasi atau objek gambar ini dan itu dari internet, lalu merangkai dan menyesuaikan sendiri,” sambungnya Sofia.

Konten pembelajaran ini selanjutanya ia unggah di kanal youtube miliknya https://youtube.com/@muhammadirmawan

Terkhusus menyambut bulan Ramadhan tahun ini, Ustazah membuat konten kreatif untuk mengenalkan Puasa kepada anak-anak. Terdapat 9 konten dengan Topik Ramadhan, di antaranya;

Lagu Ramadhan akan tiba
https://youtube.com/shorts/Z8BMzTCQQr0?feature=share

Lagu Jumpa Ramadhan
https://youtube.com/shorts/a3XpxxSCyUY?feature=share

• Lagu Rukun Puasa
https://youtube.com/shorts/vvusR1eX4QI?feature=share

Simak Juga:  Komisariat IPNU IPPNU SMP Sunan Dalem Gumeno Manyar Gresik Diharapkan Jadi Sarana Belajar Demokrasi

Lagu Niat puasa dan artinya
https://youtube.com/shorts/ix0miVD7QpY?feature=share

Lagu Doa Buka Puasa
https://youtube.com/shorts/h4K2leKMQHA?feature=share

Pembuatan konten tersebut dilakukan Ustazah Sofia di sela-sela kesibukkannya menempuh pendidikan Doktoral di Institut KH Abdul Chalim (IKHAC) PP Amanatul Ummah, Pacet Mojokerto, serta menjadi ibu rumah tangga mengasuh dua orang anak yang duduk di bangku kelas 4 dan 1 Madrasah.

Selain berkiprah sebagai anggota Pergunu Jatim, Ustazah Sofia juga pernah menjadi  tenaga pendidik di TKMNU 122 PERTIWI Driyorejo.

“Saat ini saya mengajar di SPS MENTARI BERSINAR Ngepung Kedamean,” pungkas Ustazah Sofia yang jugam merupakan warga Desa Ngepung Kecamatan Kedamean, Gresik ini.

Belakangan diketahui, bila Ustazah Sofia kerap didapuk menjadi narasumber berbagai pelatihan inovasi pendidikan.

Ia diundang hingga di luar Kabupaten Gresik. Dengan penuh percaya diri dan semangat, Ustazah Sofia mempresentasikan materi pembelajaran anak kepada peserta terdiri dari Pengawas dan Kepala Sekolah/Madrasah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *