YPP Tarbiyatut Tholibin Gelar Workshop Kurikulum Merdeka Tahun 2022

oleh -136 Dilihat
Yayasan Pondok Pesantren Tarbiyatut Tholibin Petung, Kecamatan Panceng Gresik, menyelenggarakan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), Ahad (30/10/2022). Foto : Ovi/NUGres

PANCENG | NUGres – Yayasan Pondok Pesantreb (YPP) Tarbiyatut Tholibin Petung menyelenggarakan workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Workshop kurikulum baru yang sudah ditetapkan oleh Kemendikbud sejak tahun 2020 ini diberikan sebagai penguatan SDM Kepala Madrasah, Pendidik Lembaga pendidikan di Desa Petung Kecamatan Panceng, Gresik, dan tenaga guru di sekitar YPP Tarbiyatut Tholibin.

Dalam pelaksanaan workshop tersebut, dihadiri secara langsung oleh Dewan Pengawas Madrasah yakni Muhammad Zainuri. Ada pun narasumber Workshop yakni tim pelatih ahli, Dr Syamsul Anam Gresik, dan Dr Miftah Sirojuddin.

Baca juga : Ketua PCNU Gresik Buka Workshop Penulisan Bahan Ajar Oleh LP Ma’arif NU Gresik

Acara diawali dengan pembukaan dan dilanjutkan pembacaan ayat-ayat suci Alquran kemudian sambutan oleh ketua yayasan yaitu KH Nur Khozin .Dalam sambutan Kiai Nur Khozin menyampaikan bahwa yayasan mengadakan workshop sebagai bagian dari program pendidikan dan sumber daya manusia yang dikoordinatori oleh Askori.

Simak Juga:  Tumbuhkan Karakter Kebhinekaan, Pelajar SMANU 3 Gresik Diajak Melihat Keberagaman di Bongsowetan

Kemudian acara workshop implementasi kurikulum merdeka Tahun 2022 ini dibuka langsung oleh Muhammad Zainuri, sekaligus memberikan sedikit sambutan berkenaan dengan workshop implementasi kurikulum merdeka.

Zainuri menekankan bahwa kurikulum merdeka adalah bentuk keseriusan pemerintah dalam mengembangkan dan memajukan pendidikan di republik ini. Namun, menurutnya, berpulang kembali kepada kesiapan para guru dan stakeholder pendidikan di masing-masing satuan pendidikan.

“Sebagai kurikulum baru tentu ada beberapa perubahan-perubahan baik dari segi materi maupun istilah-istilah yang nantinya harus dikuasai dan dipahami betul oleh para guru,” kata Zainuri, Ahad (30/10/2023).

Baca juga : Khotmil Quran dan Gerakan 1000 Santri Instal NU Online, SMA NU 1 Gresik Peringati Harlah LP Maarif NU 93

Selanjutnya, tepat pukul 08.00 WIB, Workshop IKM dibuka oleh pengawas Kemenag Gresik. 150 Guru dari lembaga mulai RA, MI, MTs, MA dan beberapa guru SDN di desa Petung, juga guru MTs Kertosono Sidayu telah hadir dan mengikuti workshop IKM yang diadakan di aula besar KH Ja’far YPP Tarbiyatut Tholibin Petung. Materi workshop pertama dengan tema pengenalan kurikulum merdeka diisi oleh narasumber Syamsul Anam.

Simak Juga:  Ijo Royo-royo, Fatayat NU Ujungpangkah Antusias Ikuti Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Peserta workshop sangat antusias dalam mengikuti materi yang disampaikan olehnya dengan sangat jelas, singkat dan komunikatif. Dua jam materi berlalu yang dilanjutkan dengan tanya jawab dari peserta workshop.

Baca juga : Membanggakan, Mahasiswi Staida Gresik Raih Best Advokasi Duta Pendidikan Jatim 2022

Pada materi yang kedua tepat pukul 13.00 WIB, Dr Miftah Sirojudin, terkait dengan model-model pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdeka.  pematerinya pun menyampaikan dengan penuh humoris dengan bahasa campuran namun bisa diterima oleh peserta workshop.

Tepat pukul 15.00 WIB Workshop IKM berakhir. Sejumlah peserta berharap workshop seperti ini hendaknya terus diadakan minimal tiap semester sekali sehingga banyak ilmu dan pengalaman belajar yang diperoleh para guru. (Ovi/Chidir)

Advertisment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *