Digembleng Diklatsar Banser, Satu Pejabat Pemkab Gresik Jadi Anggota Luar biasa, Siapa

oleh -83 Dilihat

GRESIK| NUGres – Daya tarik bagi setiap orang untuk dapat berkhidmat kepada NU bukanlah isapan jempol belaka. Hal itu dapat dilihat dari salah seorang Pejabat di lingkup Pemkab Gresik yang ikut bergabung menjadi Kader Banser NU di Gresik.

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Manyar telah sukses menggelar Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Angkatan XXII Satkoryon Manyar di Gedung SMK Yasmu Manyarejo, Manyar, Gresik.

Dari puluhan kader itu, salah satunya yakni Camat Manyar, Zainul Arifin. Ia turut mengikuti kegiatan Diklatsar Banser angkatan XXII Satkoryon Manyar. Ditanya perihal apa yang memotivasinya, Zainul bercerita bila selama ini kerap bergaul dengan para Pemuda NU, khususnya sahabat GP Ansor-Banser di Gresik.

“Sebenarnya sudah lama, jadi ceritanya dulu ketika ditugaskan menjadi Sekcam Kebomas kami sering ngopi dan berdiskusi berbagai hal bareng sahabat-sahabat Ansor-Banser di sana. Tapi baru kali ini, kami berkesempatan mengikuti Dikalatsar Banser Satkoryon Manyar,” katanya, Senin (17/07/2022) dini hari.

Simak Juga:  Usai Ikut PKL, Sambangi Gresik, Wabup Gus Barra Kini Pimpin GP Ansor Mojokerto

Lebih lanjut, kata Zainul, Banser NU telah membuktikan kontribusinya dalam layanan keumatan. Khususnya turut berkontribusi mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat secara konkret.

“Sudah tertanam dalam benak masyarakat, kalau melihat Banser muncul perasaan; “Oh, aman”, jadi tertanam rasa aman dan nyaman itu,” terang mantan Sekcam Kebomas tersebut.

Lebih lanjut, sebagai Pemangku Pemerintah di tingkat Kecamatan Manyar, Zainul berharap GP Ansor-Banser selalu dapat bersinergi dengan pemerintah kecamatan untuk menjaga ketentraman dan ketertiban masyarakat, serta menjaga Gresik menjadi Kota Santri.

Sementara itu, Diklatsar Banser ini merupakan salah satu jenjang pengkaderan yang diberlakukan bagi masyarakat yang ingin menjadi anggota Banser. Adapun para Peserta Diklatsar Banser angkatan XXII Satkoryon Manyar mendapatkan materi-materi dan lathian fisik ke-Banseran. Caraka Malam, Susur sungai, hingga Pengemblengan Spiritual diberikan dalam pelatihan tersebut.

Simak Juga:  Jaga Konfercab PCNU Gresik, GP Ansor Siagakan Ratusan Banser

Sementara itu, Ketua PAC GP Ansor Manyar, Musyidul Ibad, merasa bangga atas kekompakan seluruh kader Ansor-Banser dalam mensukseskan kegiatan tersebut.

Mursyidul juga mengatakan Diklatsar Banser ini sangat penting dilaksanakan dalam merawat muru’ah, jatidiri, harkat martabat NU, penguatan organisasi sesuai fungsi Banser, menjaga ulama-kiai, menjaga akidah Ahlusunnah, dan mempertahankan NKRI.

Adapun mengenai salah satu peserta yang merupakan Camat Manyar, pihaknya mengapresiasi inisiatif tersebut. “Alhamduillah, tentunya terima kasih untuk kekompakan semua sahabat panitia, narasumber, para Instruktur dalam Diklatsar Banser kali ini,” katanya.

“Terima kasih Kepada perusahaan-perusahaan atas supportnya. Serta kami ucapkan selamat bergabung sebagai Anggota Banser NU Gresik Sahabat Zainul, semoga dapat menginspirasi yang lain,” pungkasnya. (Chidlir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *