Haul KH Maimun Adnan ke-8, Sang Ahli Ilmu Mantik Pertama di Tanah Gresik

oleh -513 Dilihat
Poster digital, haul ke-8 sang Pendiri Pondok Pesantren Al-Ishlah Bungah Gresik, Almaghfurlah KH Ahmad Maimun Adnan. Foto : Istimewa/NUGres

BUNGAH | NUGres – Salah seorang Pendidik senior Yayasan Pondok Pesantren Qomaruddin (YPPQ) Bungah Gresik, Kiai Mudhoffar Usman menuturkan, bahwa Almaghfurlah KH Ahmad Maimun Adnan adalah satu-satunya ahli ilmu mantik di Gresik pada zamannya.

“Kiai Mun (sapaan masyarakat KH Maimun Adnan), itu satu-satunya Ulama’ ahli ilmu mantik di Gresik,” kata Kiai Mudhoffar, saat bercengkrama santai bersama penulis di Warung Biru, tidak jauh dari kompleks lembaga pendidikan YPPQ Bungah Gresik, pada Rabu (16/11/2022).

Tingginya ilmu yang dimiliki oleh Almaghfurlah KH Ahmad Maimun Adnan, beliau pernah didaulat menjadi Ketua YPPQ ke-1 selama satu dasawarsa. Yakni pada tahun 1972 sampai 1987 masehi. Data ini tertulis dalam sebuah kalender terbitan Pondok Pesantren Qomaruddin Tahun 2022.

Kiai Mun Bungah merupakan cicit dari KH Soleh Tsani. Ayah Kiai Mun Bungah bernama KH Abdullah merupakan putra KH Soleh Tsani. KH Abdullah memiliki putri Nyai Robiah sekaligus sang Ibu dari Kiai Mun Bungah.

Simak Juga:  Bahtsul Masail PCNU Gresik Angkat Problematika Pengalihfungsian Wakaf

Lebih lanjut, keilmuan Kiai Mun Bungah tidak dapat diragukan. Pasalnya, beliau tercatat pernah nyantri di Pondok Pesantren Langitan Widang Tuban dengan bimbingan sang Guru KH Abdul Hadi. Bahkan Kiai Mun Bungah disebut-sebut sebagai murid kinasih KH Masduqi Lasem.

Selanjutnya, dalam perjalanan perjuangan Kiai Mun Bungah dalam rangka li i’lai kalimatillah, Kiai Mun Bungah mendirikan Pondok Pesantren Al-Ishlah Bungah di Sampurnan Bungah Gresik.

Selain memiliki kecakapan keilmuan agama, Kiai Mun Bungah juga merupakan politisi ulung. Hal tersebut dibuktikan dari kiprahnya di kancah perpolitikan Gresik. Kiai Mun Bungah pernah menjabat sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD Kabupaten Gresik), selama tiga periode.

Diketahui, haul KH Maimun Adnan ke 8, akan digelar pada Sabtu 26 November dan Ahad 27 November 2022, bertempat di Pondok Pesantren Al Ishlah Utara, Jalan Kramat Makam Santri, Bungah.

Simak Juga:  KH Marzuqi Mustamar : Guru NU Harus Totalitas

Pada hari pertama, agenda acara Sabtu (26/11/2022), pukul 05.00-15.00 WIB Khatmil Qur’an, dilanjutkan bakda salat isya’ digelar Majelis Shalawat.

Kegiatan bakti sosial Alumni dan simpatisan PP Al Ishlah Bungah antara lain cek kesehatan gratis (bersama dokter muda Unair), potong rambut gratis (untuk putra dan putri), pijat kesehatan gratis (untuk putra), serta bekam gratis (untuk putra) menyemarakkan gelaran haul pada Ahad pukul 07.00 – 11.00 WIB.

Selanjutnya, pada pukul 13.00 – 15.00 WIB, akan disampaikan ceramah keagamaan oleh KH Ahmad Muwafiq dan KH Anwar Zahid. Ribuan alumni dan warga bungah diperkirakan akan menghadiri Haul sang pendiri PP Al Ishlah Bungah Gresik tersebut. (Chidir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *