Inovatif, Guru MTS NU Terate Ciptakan Alat Biobaterai Raih Juara Satu Ajang Tingkat Nasional

oleh -51 Dilihat

GRESIK|NUGres – Prestasi dan inovasi M Faiq Rofiqi guru di MTS NU Tertare, Gresik perlu dibanggakan. Ia mendapatkan penghargaan ajang nasional yang digelar oleh Kementerian Agama (Kemenag). Guru yang membidangi mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) itu mendapatkan juara satu kategori laboran.

Kepada wartawan, Faiq mengaku tidak menyangka karyanya mendapatkan apresiasi dari dewan juri. Karya Faiq yang menyedot perhatian itu dinamakan alat peraga ‘biobaterai’. Alat ini diklaim bisa menciptakan sumber arus.

Bio-baterai adalah suatu baterai dengan bahan alam organik sehingga lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan batu baterai konvensional yang mengandung bahan kimia berbahaya.

“Fungsinya sebagai media pembelajaran dalam pelajaran IPA pada siswa saat di kelas,” katanya Kamis (2/12/2021).

Simak Juga:  Bahtsul Masail PCNU Gresik Angkat Problematika Pengalihfungsian Wakaf

Untuk mefungsikan alat ini, caranya kabel dihubungkan pada tembaga dan besi. Agar bisa menciptakan arus, ada cairan khusus yang diletakan di dalam alat. Dalam penempatan cairan, Faiq menggunakan bekas kaleng rokok. Selanjutnya diukur tegangan dan arusnya. Jika sudah sesuai maka lampunya akan menyala sendiri.

“Kalau pembuatan alat sebenarnya tidak lama. Hanya satu hari alat bisa dibuat. Tapi kalau penelitiannya kurang lebih membutuhkan waktu ennam bulan,” terang alumnus Universitas Brawijaya Malang itu.

Kedepan, Faiq akan mendaftarkan alat temuannya ke lembaga hak paten. Tidak menuntut kemugkinan, Bio-baterai miliknya akan digandakan lebih banyak. Hal ini supaya penemuan brilian ini bisa menjadi percontohan, baik guru dan para siswa.

Simak Juga:  Satkorcab Banser Gresik Delegasikan 21 Anggota Ikuti Diklatsus Provost dan Protokoler

“Rencana akan diurus hak paten dan digandakan. Dalam rangka supaya bermanfaat,” bebernya.

Sementara itu Ketua Yayasan NU Terate Dr M Elvi Wahyudi mengaku ikut bangga dengan prestasi yang didapatkan Faiq Rofiqi. Menurutnya penghargaan ajang nasional di lembaganya bisa menjadi penyemangat para guru dan siswa untuk terus berkarya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *