Jaga Budaya Keumatan, ISHARI NU Gresik Berkomitmen Kembali Semarakkan Masjid Agung Gresik

oleh -200 Dilihat

GRESIK | NUGres – Pengurus Cabang Ikatan Seni Hadrah Indonesia (PC ISHARI NU Gresik) menggelar Lailatus Sholawat di Masjid Agung Gresik (MAG) Maulana Malik Ibrahim (15/7/2022) waktu lalu. Kegiatan ISHARI NU ini rencananya bakal rutin digelar di Masjid milik Pemkab Gresik tersebut.

Pegiat kesenian selawat ISHARI NU ini yang datang dari sejumlah Pengurus Anak Cabang (PAC) ISHARI NU antara lain dari Kedamean, Driyorejo, Balongpanggang, Manyar serta PAC yang lain. Mereka menggelar kembali menggetarkan ruangan di lantai dua masjid yang bernamakan salah seorang Walisongo tersebut.

Sementara Lailatus Sholawat ini sekaligus menjadi tonggak diluncurkannya kembali program rutinan PC ISHARI NU Gresik. Hal tersebut, diungkapkan oleh Sekretaris PC ISHARI NU Gresik, H Choirul Huda disela acara.

“Dulu di zaman Bupati Gresik Almarhum Kiai Robbach Ma’sum, ISHARI NU diberikan kesempatan untuk menggelar rutinan di tempat ini tiap Jumat Kliwon di sini. Kami berharap kegiatan kesenian solawat ini bisa kita bangkitkan kembali,” kata Huda, berlangsungnya kegiatan.

Simak Juga:  Syiar Sholawat, Ratusan Jamaah Ishari NU Gresik Khidmat Ikuti Lailatul Hadrah MWCNU Bungah

Oleh karena itu, lanjut Huda, dimulai pada hari ini ISHARI NU Gresik berkomitmen menyemarakkan MAG untuk menghidupkan kembali apa yang dulu pernah Kiai Robbach lakukan untuk ISHARI NU Gresik.

Huda juga menambahkan bahwa pegiat Seni Rodat ISHARI NU di Gresik jumlahnya sangat besar. Tersebar di seluruh desa di Gresik hingga jumlahnya puluhan ribu orang.

“Boleh dicek, ISHARI Gresik juga pernah mengukir prestasi menggelar Hadrah dengan jumlah terbesar. Ada sekitar 18 ribuan orang terlibat sampai memecahkan rekor MURI,” kenangnya.

Akan hal ini, Ketua Takmir Masjid Agung Gresik, Ustadz Misbahul Abidin menyambut baik program ISHARI NU Gresik dalam menjaga budaya keumatan ini.

“Kami sampaikan bahwa MAG sangat terbuka dengan kegiatan ISHARI NU Gresik,” kata Ustadz Misbah, disambut tepuk tangan dari jamaah ISHARI NU Gresik.

Simak Juga:  Dikawal GP Ansor Banser, HIPMI Gresik Sukses Gelar Pengajian di Masjid Agung Gresik

Dalam kesempatan baik itu, Ustdaz Misbah juga menegaskan bahwa MAG akan selalu bersedia mewadahi kegiatan-kegiatan jamaah NU di Gresik.

Lebih lanjut, KH Mulyadi Ketua Tanfidziyah PCNU Gresik, sangat bangga atas upaya yang dilakukan oleh PC ISHARI NU Gresik. Ia juga mengapresiasi MAG yang telah memberikan ruang seluas-luasnya untuk kegiatan NU di Gresik.

“Alhamdulillah, mari kita bersama-sama melestarikan tradisi (Hadrah, red) ini. Ke depan mari kita semarakkan Masjid Agung Gresik. Saya tadi sudah minta Ketua Takmir agar kegiatan lainnya dari Banom (Badan Otonom) NU, Lembaga agar bisa difasilitasi di sini,” pungkasnya.

Diketahui dalam peluncuran Lailatus Sholawat itu, nampak hadir Kabag Kesra Pemkab Gresik, Kepala Kantor MAG, Pengawas MAG, jajaran Tanfidiziyah PCNU Gresik, Banom dan Lembaga PCNU Gresik, serta Masyarakat umum. (Chidlir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *