Ngubek Srumbung Tradisi Warga Bulangan Mencari Ikan Menjelang Sedekah Bumi

oleh -91 Dilihat

GRESIK | NUGres – Menjelang momen sedekah bumi pemdes Bulangan Kecamatan Dukun menggelar beberapa kegiatan diantaranya adalah “Ngubek Srumbung”. Srumbung sendiri merupakan waduk/tambak milik desa Bulangan yang diisi ikan oleh pemdes setempat seperti ikan lele, emas, kutuk/gabus, putihan, betik, mujair, dan yang lain.

Tradisi ngubek srumbung ini sudah menjadi tradisi masyarakat Bulangan turun temurun menjelang hari peringatan sedekah bumi Desa Bulangan yang dilaksanakan besok 1 september 2022. Hari ini warga desa Bulangan mulai anak anak, remaja dan dewasa tumpek blek mengikuti ngubek srumbung mencari ikan.

Tampak warga dengan antusias dan semangat untuk mencari ikan dengan peralatan seperti susuk, serok sengkap, dan peralatan yang lain bahkan ada yang memakai tangan kosong (rogo). Acara ini dimulai sejak pagi dengan guyup rukun untuk membersamai kebersamaan antar warga Bulangan. (31/8/2022)

Simak Juga:  PCNU Gresik Terima Shodaqoh 10 Kaleng Cat dari Jamaah

Qomari ketua panitia pelaksana mengatakan, Alhamdulillah ritual ini menjadi agenda tiap tahun bagi desa kami tentu ini sudah saya siapkan dengan baik hal ini menjadi tradisi yang diturunkan oleh Mbah mbah dulu sampai sekarang.” Seperti ketika 2 hari menjelang ngubek srumbung maka debit air di waduk harus dikurangi.” Ujarnya

Ditambahkan Qomari agar ngubek srumbung ini bisa diikuti anak anak sebagai sarana hiburan dan rekreasi.” Harapan dari kegiatan ini bisa dibuat membangun kekompakan dan persatuan warga.” Jelasnya.

Sementara itu Masbuhin Sekdes Bulangan mengatakan, dulu ngubek srumbung desa diikuti hanya warga Bulangan saja tapi sekarang sudah diikuti warga luar Bulangan hal ini menjadikan destinasi rekreasi dan sarana hiburan bagi warga.” Dan tak lupa bahwa kegiatan ini juga bisa memberikan kemanfaatan yang luar biasa yakni Silaturrahim dan memperkokoh persatuan dan kesatuan warga.” Tuturnya

Simak Juga:  Fatayat NU Panceng Aksi Peduli Anak Penderita Hidrosefalus

Bukhin sapaan akrabnya berharap kegiatan srumbung desa bisa dijadikan edukasi akan pentingnya guyup rukun persatuan dan toleransi yang harus dipertahankan sampai kapan pun dan dimanapun.” Maka ini menjadi hal yang harus kita junjung bersama untuk merawat dan ngramut.” Tandas Bukhin yang juga ketua NU Care Lazisnu kecamatan Dukun

Salah satu warga Bulangan sebut saja Fifin Hs peserta ngubek srumbung mengatakan, Alhamdulillah Pak Hoo bisa ikut ngubek srumbung yang menjadi tradisi desa kami semoga ada manfaatnya untuk silaturrahim dan kumpul kumpul.” Saya juga bersyukur bisa dapat ikan walaupun tidak banyak.” Ya cukup sak iwa’an untuk persiapan sedekah bumi besok.” Ungkapnya.

Untuk diketahui acara ini juga dihadiri oleh pemdes, tokoh masyarakat dan warga (Syafik Hoo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *