Pawai Santri Kreatif, Ribuan Santri Gresik “Mlaku Sarungan”

oleh -69 Dilihat
Peringatan Hari Santri Nasional 2022 terus berdenyut. MWC NU Gresik Pawai Santri Kreatif digelar dalam Car Free Day (CFD) di WEP Gresik. Para peserta kompak mengenakan sarung. Ahad (30/10/2022). Foto : HO/NUGres

GRESIK | NUGres – Lomba Pawai Santri Kreatif digelar sebagai rangkaian Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2022 oleh Majelis Wakil Cabang (MWC NU Gresik). Kegiatan yang diikuti ribuan peserta perwakilan 24 lembaga yang terdiri dari Pondok pesantren, sekolah dan madrasah di Kecamatan Gresik dan Kebomas.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Gresik dan Wakil Bupati Gresik yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Pemkab Gresik Achmad Wasil, sejumlah Pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda Gresik), serta Pengurus MWC NU Gresik, Lembaga, dan Badan Otonom NU di wilayah Kecamatan Gresik. Semua memadati Wahana Ekspresi Pusponegoro (WEP) Gresik, Jl Jaksa Agung Suprapto, Gresik.

“Kegiatan ini memiliki makna solidaritas dan kebersamaan yang kuat, ribuan santri menyemarakkan Hari Santri Nasional,” ungkap Wasil, Ahad (30/10/2022), mewakili sambutan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani.

Sementara itu dalam prosesnya, Pawai Santri Kreatif yang dilombakan ini dilepas dari WEP menuju rute Jalan Pahlawan Gresik, lalu ke arah Gedung MWC NU Gresik, lalu berakhir kembali di WEP.

Simak Juga:  Usai Umat Thionghoa, Giliran Umat Kristen PGI Jalin Kerjasama PCNU Gresik Salurkan Bantuan Warga Terdampak Covid-19

Peserta pawai mengeskpresikan berbagai kreasi selama perjalanan, seperti teatrikal perjuangan para santri, melantunkan sholawat, yel-yel dan mars Syubbanul Wathan, paduan drumband dan korsik, membuat suasana bertambah meriah.

Ketua MWC NU Gresik Ustadz H Machsun, didampingi Pengurus Lembaga dan Banom NU di wilayah Gresik mengatakan, bila Hari Santri Nasional menjadi momentum yang harus disambut untuk mengenang dan melanjutkan spirit pejuangan para Kiai dan Santri.

“Momentum Hari Santri Nasional ini ibarat hari raya bagi para santri. Maka tak heran semangatnya begitu terasa. Apalagi semenjak pandemi aktifitas dibatasi dan sekarang mereka semua berkumpul menjalin silaturahmi antar santri, membaur penuh suka cita. Dari sini kita juga melihat potensi besar yang dimiliki santri dalam mengisi perjuangan para ulama. Santri kudu iso. iso opo wae, opo wae iso,” tutur Ustadz Mahsun.

Sementara itu, Hanny Akasah, Kader Fatayat NU Gresik memuji kolaborasi yang solid kegiatan tersebut, “Luar biasa kolaborasi kegiatan ini kawan-kawan Radar Gresik, Panitia HSN MWC NU Gresik dan Komunitas UMKM CFD merangkai kegiatan Mlaku Sarungan Bareng, Bazar UMKM dan Pawai Santri Kreatif perdana dengan sukses dan lancar,” ungkap Hanny yang juga Kepala Biro Radar Gresik.

Simak Juga:  Aklamasi, Sahabat M. Zainuri Nakhodai PAC GP Ansor Gresik 2023 - 2025
Sejumlah hadiah juga dibagikan dalam Pawai Santri Kreatif, Mlaku Sarungan di CFD WEP, Jl Jaksa Agung, Gresik pada Ahad (30/10/2022). Foto : Rahman/NUGres

Setelah mlaku berbarengan mengenakan sarung, peserta mendapatkan suguhkan penampilan dari Nusa Octav Orchestra SMA NU 1 Gresik, selanjutnya Penyanyi cilik dari MINU Tratee Putra, Tari Kontemporer SMK NU Tratee Gresik, PAC IPPNU Gresik, Pencak Seni Kolosal Pagar Nusa dan Qasidah Fatayat NU Sidokumpul. Hadiah menarik melalui pengundian doorprize juga dibagikan dalam pawai santri kreatif tersebut.

Sebagai informasi, selanjutnya Pantia HSN MWC NU Gresik bakal menggelar Lailatul Ijtima Akbar di Masjid Jamik Gresik. Masjid yang berlokasi di Alun-alun Gresik ini yang memiliki sejarah sebagai tempat Pelantikan NU Cabang Gresik generasi pertama pada tahun 1928 dalam kalender masehi. (Rahman/Chidir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *