Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Bakal Miliki Layanan Rumah Sakit

oleh -510 Dilihat
Pemangku Pondok Pesantren Mambaus Sholihin KH Masbuhin Faqih (dua dari kiri, duduk agak di atas kursi roda), Bupati Gresik dan para Kiai dan Habaib saat menyaksikan peletakan batu pertama RSBM, Rabu (2/11/2022). Foto : Zain/NUGres

MANYAR | NUGres – Kini Pondok Pesantren Mambaus Sholihin bakal dilengkapi dengan fasilitas layanan kesehatan. Dimulainya pembangunan Rumah Sakit bernama ‘Bayt Al-Musaadah’ (RSBM) ini ditandai dengan peletakan batu pertama pada Rabu 2 November 2022.

RSBM sendiri bakal berdiri di atas lahan seluas 1,4 hektar. Berada di Jalan KH Syafi’i Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, tidak jauh dari Pesantren Mambaus Sholihin.

Ketua Panitia pembangunan RSBM Ahmad Rizal, dalam sambutanny menyatakan, bahwa pihaknya merasakan dukungan nyata dari Pemerintah Kabupaten Gresik atas berdirinya RSBM.

“Dukungan dari berbagai pihak terutama pemerintah daerah ini menjadi spirit kami untuk mewujudkan berdirinya rumah sakit ini,” kata Rizal.

Sementara itu, hadir Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani). Ia menyampaikan bila keberadaan RSBM ini diharapkan dapat mewujudkan kepedulian dan membawa manfaat bagi masyarakat.

Simak Juga:  Mambaus Sholihin Suci Gresik Siap Songsong MQK Tingkat Nasional

Utamanya, bagi masyarakat dengan kondisi ekonomi kurang mampu. Mewakili Pemerintah Daerah, Gus Yani juga menyampaikan wujud dukungan melalui kemudahan dalam proses perizinan sehingga pembangunan dapat berjalan lancar.

“Semoga ikhtiar yang dilakukan dapat terwujud sesuai dengan apa yang diharapkan. Tentu tak lepas dari rasa kepedulian dan membawa manfaat bagi masyarakat sekitar, para santri dan juga para alumni ponpes Mambaus Sholihin,” katanya.

Megah. Ilustrasi bangunan RSBM Mambaus Sholihin, Suci Manyar Gresik. Foto : Youtube Al Fikrah/NUGres

Ia juga menyampaikan apresiasi atas rencana pengembangan pendidikan di lingkungan Pesantren Mambaus Sholihin yang akan membuka sekolah perawatan berbasis pesantren. “Sehingga para santri dan alumni bisa berkontribusi secara langsung,” ujarnya.

Untuk diketahui, para dan habaib juga tampak hadir dalam prosesi peletakan batu pertama tersebut. Diantaranya adalah KH. Masbuhin Faqih sekaligus pengasuh Ponpes Mambaus Sholihin, KH. Agus Ali Mashoeri pengasuh Ponpes Bumi Sholawat Tulangan Sidoarjo, KH Ubaidillah Faqih Pengasuh Pondok Pesantren Langitan Tuban, Habib Ahmad Bin Idrus Alhabsyi, Habib Abu Bakar Bin Ali Assegaf.

Simak Juga:  Film Pendek "Uq'ud Hahuna" Diluncurkan Santri Mambaus Sholihin Suci Gresik

Kemudian, Ketua PCNU Gresik KH Mulyadi bersama jajaran Pengurus Lembaga dan Badan Otonon NU Gresik, Ketua MUI Gresik KH Mansoer Shodiq, serta dihadiri sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Gresik. (Chidir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *