Peringati HSN, Ketua STAI Al-Azhar Menganti : Mahasantri Harus Meneladani Militansi Pahlawan

oleh -130 Dilihat
Ketua STAI Al-Azhar Menganti Gresik, Sutono, kala memberi motivasi Mahasiswa dalam Apel HSN 2022, Sabtu (22/10/2022). Foto : Rief/NUGres

MENGANTI | NUGres – Hari santri merupakan momentum dimana hadirnya jiwa militansi yang terpupuk subur dalam menguatkan nasionalisme. Begitu juga, yang terjadi pada dunia akademisi kampus berbasis pesantren di Kabupaten Gresik.

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Azhar Menganti Gresik, menjadi kampus berbasis pesantren yang memperingati Hari Santri Nasional (HSN), dengan melakukan apel upacara bendera.

Upacara bendera dilaksanakan pada sore hari pukul 15.00 WIB, di lapangan utama kampus STAI Al-Azhar Menganti Gresik. Diikuti oleh seluruh mahasiswa meliputi, program studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Ekonomi Syari’ah dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD).

Pembina upacara sekaligus Ketua STAI Al-Azhar Menganti Gresik Sutono, menyampaikan bila momentum HSN dengan tema besar Berdaya menjaga martabat kemanusiaan merupakan cerminan seorang santri.

Simak Juga:  Kirab Obor Santri YPPP Al Muniroh Meriahkan Peringatan HSN 2022

“Termasuk seluruh Mahasiswa yang ada di kampus STAI Al-Azhar Menganti, dapat di sebut Mahasantri. Karena pada dasarnya santri mempuntai tipologi berbeda ada santri mukim (santri yang setiap hari di pesantren), ada lagi santri kalong (santri yang belajarnya di pondok, tanpa bermukim),” tutur pria asli kelahiran kota pudak Gresik.

Lebih lanjut, ia mengigatkan di hari santri nasional ini para mahasantri untuk terus mengingat jasa para syuhada’ (santri) yang mendahului.

“Sehingga sudah sepatutnya Mahasantri meniru militansinya dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai harga mati,” pungkas Ketua STAI Al-Azhar Menganti Gresik.

Wakil Kepala III Bidang kemahasiswaan STAI Al-Azhar Menganti Gresik Kholishuddin, mengaku berbahagia lantaran momen HSN 2022 direspon secara antusias.

Simak Juga:  RMI NU Gresik dan PT Smelting Bagikan Ratusan Lemari Besi ke Ponpes

“Sebuah kebahagiaan yang luar biasa karena acara hari santri nasional 2022 di kampus STAI Al-Azhar Menganti Gresik dapat berjalan secara khidmat serta di ikuti seluruh jajaran civitas akademika,” katanya. (Rief)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *