Peserta Didik MTs NU Sindujoyo Lumpur Gresik Antusias Ikuti Program “SMANUSA untuk Indonesia”

oleh -630 Dilihat
Puluhan peserta didik MTs NU Sindujoyo Lumpur Gresik ikuti mata program kepenulisan "SMANUSA untuk Indonesia", Sabtu (13/1/2024) di Kebun Buku SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik. Foto: dok SMANUSA Gresik/NUGres
Puluhan peserta didik MTs NU Sindujoyo Lumpur Gresik ikuti mata program "SMANUSA untuk Indonesia" pada Sabtu (13/1/2024) di Kebun Buku SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik. Foto: dok SMANUSA Gresik/NUGres

GRESIK | NUGres – Suasana berbeda terlihat di Kebun Buku SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik (SMANUSA Gresik), puluhan siswa Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama (MTs NU) Sindujoyo Lumpur Gresik terlihat bersemangat mengikuti program Workshop “SMANUSA untuk Indonesia”.

Kali ini berkesempatan mencicipi program itu yakni MTs NU Sindujoyo Lumpur Gresik. Kegiatan yang dipilih adalah workshop penulisan dengan judul acara “Yuk Menulis” yang dibimbing secara langsung oleh Mardi Luhung, seorang sastrawan nasional sekaligus guru Bahasa Indonesia SMANUSA Gresik.

“Anak-anak MTs NU Sindujoyo Lumpur saya berikan dasar-dasar menulis, lalu saya meminta mereka untuk membuat sebuah ulasan dengan tema; Bercerita Tentang Rumah Sendiri,” kata Mardi Luhung kepada NUGres, Sabtu (13/1/2024).

Dengan tema ini, kata Mardi Luhung, terlihat sebanyak 22 peserta didik MTs NU Sindujoyo Lumpur antusias, bahkan kata Mardi Luhung, semua memiliki kecakapan serta menunjukkan kemampuannya bercerita di atas selembar kertas yang disediakan.

“Workshop ini telah mengembalikan ingatan peserta didik ke rumahnya sendiri, berbekal ingatan itu, semua peserta telah menuliskan dengan sempurna dalam karangan bebas 3 (tiga) paragraf, peserta juga menggambarkan betapa bangga dan cintanya mereka pada rumah masing-masing,” tukas Mardi Luhung, memungkasi.

SMANUSA untuk Indonesia sendiri merupakan program yang dicanangkan oleh SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik. Program ini bersifat pengabdian SMANUSA Gresik kepada masyarakat luas juga menyasar peserta didik SD/MI dan SMP/MTs swasta dan negeri yang ada di Kabupaten Gresik.

Melalui program SMANUSA untuk Indonesia, SD/MI dan SMP/MTs swasta dan negeri di Gresik diajak untuk belajar langsung di SMANUSA lewat beberapa agenda mulai dari Tur Edukasi ke Kota Tua atau Bandar Grissee, Workshop untuk Pengetahuan tertentu, Paket Safari Ramadan hingga Pesantren Kilat.

Penanggungjawab program SMANUSA untuk Indonesia, Dr Luluk Ernawati menyampaikan, bahwa SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik sebagai kawah candradimuka di Kabupaten Gresik, coba memberikan dampak lebih luas dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Program SMANUSA untuk Indonesia ini hadir dengan spirit mengajak semua masyarakat selalu mencintai negara, bangsa, dan keluarga, lewat pengabdian dan tranformasi ilmu dan pengetahuan oleh seluruh sumberdaya SMANUSA Gresik,” tandasnya.

Sebagai informasi, untuk mengikuti atau menyemarakkan program ini, SMANUSA Gresik menyilakan bagi SD/MI dan SMP/MTs swasta dan negeri mendaftarkan peserta didiknya secara langsung ke SMANUSA Gresik, setelah itu baru ditentukan jadwalnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *