Semarak HSN 2023 MWCNU Bungah Gresik, Mulai Apel Akbar Hingga Lomba MQK-MHQ

oleh -183 Dilihat
Para Santri dari Sejumlah Pondok Pesantren di Wilayah Kecamatan Bungah Ikuti Upacara Hari Santri Nasional 2023 MWCNU Bungah, Ahad (22/10/2023). Foto: dok LTN MWCNU Bungah/NUGres
Para Santri dari Pondok Pesantren di Wilayah Kecamatan Bungah Ikuti Upacara Hari Santri Nasional 2023 MWCNU Bungah, Ahad (22/10/2023). Foto: dok LTN MWCNU Bungah/NUGres

BUNGAH | NUGres – Warga Nahdliyin Kecamatan Bungah merayakan Hari Santri Nasional (HSN) dengan menggelar beberapa rangkaian kegiatan, salah satunya adalah Apel Akbar di Lapangan Gembus Bungah, Minggu 22 Oktober 2023.

Berlangsung meriah dan khidmat serta ditayangkan langsung di kanal YouTube MWCNU Bungah, apel akbar tersebut dihadiri Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, Ketua MWCNU Bungah KH Ala’uddin, Wakil-wakil Rais Syuriah MWCNU Bungah, Kepala Dinas, Camat Bungah, Kepala Desa dan Forkopimcam Bungah.

Dalam amanah upacara, Fandi Akhmad Yani menyampaikan bahwa peran kaum santri baik dalam memperjuangkan maupun mempertahankan keutuhan NKRI tidak main-main. “Kiai dan Santri adalah kelompok yang tak henti-henti melakukan perlawanan,” kata sosok yang kerap disapa Gus Yani dihadapan ribuan nahdliyin Bungah.

“Saya berharap, lulusan pesantren lebih masif lagi dalam menyuarakan ajaran Islam moderat ke masyarakat khalayak umum. Bila perlu, kita penuhi media sosial dengan konten Islam moderat,” harap Gus Yani.

Simak Juga:  Demi Kesejahteraan Warga Bawean Gresik, Gus Yani bersama PCNU Bawean Bakal Mengaktifkan ini..

Doa “Santri Sapujagat” Dipanjatkan di Upacara HSN 2023 MWCNU Bungah

Yang menarik adalah saat Kiai Ala’uddin membacakan doa upacara. Pengasuh Pondok Pesantren Qomaruddin itu berdoa: Ya Allah, Ya Tuhan Kami. Jadikanlah Gresik benar-benar menjadi kota santri dalam arti yang sebenarnya.

“Bupatinya santri, Wakil Bupatinya santri, DPR-nya santri, Kepala Dinasnya santri, Camatnya santri, Lurah, Kepala desanya santri, Direktur perusahaannya santri,” doa KH. Ala’uddin. Saat menyerukan doa itu, ratusan nahdliyin kompak mengamini doa tersebut.

Di samping itu, KH. Ala’uddin juga menyampaikan doa, “Ya Allah, Bersihkanlah dari orang-orang yang merongrong persatuan dan kesatuan negeri ini.”.

Untuk diketahui, sebelum apel akbar, MWCNU Bungah menggelar 1 Miliar Shalawat Nariyah bersama pada Sabtu (21/10/2023) malam di Kantor MWCNU Bungah. Setelah apel akbar, ada serah terima PBG dan peresmian penandaan relokasi RSI Mabarrot MWCNU Bungah dengan Khotmil Qur’an Bill Ghaib yang diikuti oleh 99 huffadz.

Simak Juga:  Aksi Dua Kader NU di Gresik Sholat dan Berdoa Agar Hujan Reda Hebohkan Warga

Kunci Semaraknya HSN 2023 MWCNU Bungah

Penanggung Jawab HSN 2023 MWCNU Bungah, Nailul Muna menjelaskan bahwa acara HSN MWCNU Bungah tidak hanya apel akbar, khotmil Quran dan peresmian, tapi juga akan ada perlombaan untuk mendorong bertumbuhnya para santri, diantaranya adalah musabaqah qiro’atul Kutub (MQK) dan musabaqah hifdz al-qur’an (MHQ) pada tanggal 28 Oktober 2023.

Selain itu, ada acara lailatul Shalawat yang Akan diisi oleh group seni Hadrah MADIHUNA, turut juga mengundang beberapa tokoh ulama’ termasuk para Habib yang ada di Gresik, salah satunya Habib Hasan Assegaf.

“Yang membuat acara pada tahun ini semarak adalah media sosial, kepengurusan MWC memakai medsos sebagai tempat promosi mengenai HSN sekaligus mendorong santri untuk ikut meramaikan acara tersebut,” kata Nailul Muna kepada LTN MWCNU Bungah.

Advertisment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *