Tak Kurang Sejuta Warga NU Hadiri Harlah 1 Abad, Bakal Lanjut Kunjungi Makam Wali?

oleh -132 Dilihat
Tak kurang dari satu juta warga NU akan mengikuti puncak resepsi harlah Satu Abad NU dengan potensi rihlah ke makam Auliya. Ilustrasi: NUGres

GRESIK | NUGres Resepsi 1 Abad Harlah (Hari lahir) Nahdlatul Ulama (NU), bakal menjadi pemuncak riwayat kegiatan yang telah diprakarsai oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Puncak Harlah organisasi keagamaan terbesar di Indonesia bahkan dunia ini, sedianya bakal dihelat pada 7 Februari mendatang. Resepsi akbar NU yang genap berusia seratus tahun dari hari lahirnya pada 16 Rajab 1344 Hijriah balal digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur.

Dalam berbagai kesempatan, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf menyampaikan, bahwa tidak kurang dari 1 juta warga Nahdliyin – Nahdliyat akan hadir dan berkumpul memadati Gelora Delta Sidoarjo.

Undangan kepada jamaah NU untuk menghadiri hari bersejarah juga dapat disimak melalui video pendek yang menampilkan Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar. Ia menyampaikan narasi sekaligus ajakan untuk menyemarakkan 1 Abad NU.

Simak Juga:  Jelang Ramadhan Ponpes Darul Ihsan Menganti Bersholawat

Menariknya, Kiai Mif sapaan KH Miftachul Akhyar, dalam video tersebut nampak berdiri di depan bangunan bersejarah yang dahulu digunakan sebagai Markas Besar Oelama (MBO).

Bangunan tua itu diketahui berada di Jalan Satria Desa Kedungrejo Kecamatan Waru, Sidoarjo. Cagar budaya ini diyakini menjadi saksi bisu rembug Kiai dan Santri sebelum pecah perlawanan anak bangsa pada 10 Nopember 1945 silam. Kini momen itu ditetapkan sebagai Hari Pahlawan.

Dari visualisasi prasasti tersebut, mengajak seluruh penyimak video pendek ini untuk melakukan retrospeksi dan merenungi secara mendalam perjuangan para pendahulu.

Potensi Ziarah Makam Auliya dan Muassis NU

Kehadiran warga NU di Sidoarjo dengan jumlah yang tidak sedikit ini tentu tidak menutup kemungkinan adanya potensi rihlah atau perlawatan yang bakal dilakukan oleh jamaah NU. Pasalnya, perlawatan menjadi salah satu tradisi orang NU.

Simak Juga:  CEO TV9 Ziarah Ke Makam Ulama' Pengusul Nama Nuhudlul Ulama'

Dari telaah sederhana melaui google maps, diketahui jarak tempuh dari GOR Delta Sidoarjo menuju makam para Auliya relatif dekat.

Misalnya Makam Tokoh Walisongo Kanjeng Sunan Ampel, letaknya ada di Kota Surabaya. Hanya sekira 33 kilometer dengan kisaran waktu 38 menit dari lokasi resepsi Harlah 1 Abad NU.

Selisih tipis bila para peserta Harlah 1 Abad NU ke Makam Kanjeng Sunan Giri di Kabupaten Gresik, yakni membutuhkan tidak kurang dari 47 menit. Menempuh perjalanan darat selanjang 43 kilometer via jalan bebas hambatan dari venue Harlah 1 Abad NU.

Nah, bagaimana hasil rembug rombongan Harlah NU 1 Abad di GOR Sidoarjo yang akan dimulai pukul 06.00 WIB, Bakal lanjut rihlah makam Auliya’ dan Muassis NU usai acara? (Chidir)

Advertisment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *