Inspiratif, Warga NU Panceng Rajut Keharmonisan Buka Bersama dengan Infaq Kaleng

oleh -23 Dilihat

PANCENG | NUGres — Warga Nahdliyin di Desa Wotan Kecamatan Panceng patut diacungi jempol. Bahkan kegiatan warga membuat kaleng infaq sodaqoh sangat Inspiratif di momen Bulan Ramadhan ini.

Setiap bulan ramadhan warga membagikan kaleng secara lelang melalui WhatsApp grup warga (WAG). Pasca lelang warga melakukan list infaq melalui grup grop WA Desa Wotan.

Dengan ketentuan satu nama infaq Rp 50 ribu. Jika warga menginfaq Rp 500 ribu, maka akan diminta 10 nama untuk memperoleh amal infaq masing-masing Rp 50 ribu.

Ketua Ranting NU Wotan Dr Sulanam mengatakan, kaleng infaq ini setiap tahunnya bertambah. Sejak tahun 2018, semula berjumlah 16 kaleng menjadi 32 di tahun 2019. Infaq kaleng ini juga dapat dukungan dari warga.

Simak Juga:  Ngaji Rutin Idhotun Nasyi'in, I'tidal sebagai Kunci Hidup Bahagia

Mereka, bahkan berinisiatif membikin kaleng serupa hasil limbah sampah biskuit khong guan biscuit. Agar juga bisa turut menabung untuk kebutuhan buka puasa warga.

“Peruntukan hasil perolehan kaleng untuk kebutuhan 1000 paket nasi bungkus untuk berbuka puasa. Sisanya diperuntukkan untuk santunan anak yatim, fakir miskin, dhuafa, dan pelaku perjuangan NU di lingkungan Wotan,” kata Sulanam.

Sulanam yang juga Ketua PC LAZISNU Gresik menjelaskan, hasil dari kaleng warga juga membantu warga yang belum bisa berpartisipasi mengikuti lelang infag.

“Memberi kesempatan bagi warga yang tidak mungkin infaq secara langsung dalam jumlah besar,” jelasnya.

Lebih lanjut Sulanam, momentum buka bersama warga merupakan respon positif NU Wotan agar setiap warga dapat berkumpul merayakan datangnya waktu berbuka di halaman madrasah.

Simak Juga:  Semarak Harlah Muslimat NU ke-77, PAC Muslimat NU Manyar Ziarah Makam Ulama Perempuan Fatimah Binti Maimun

“Sebab kesan buka bersama selama ini hanya dapat dinikmati oleh petinggi-petinggi NU atau kelompok khusus seperti guru,” ujarnya.

“Tapi buka bersama warga Nahdliyin NU Wotan merupakan ruang sosial bagi jamaah untuk saling berbagi pada sesama. Ruang berkumpul dan merayakan datangnya waktu berbuka,” tambahnya.

Sekedar diketahui, perolehan uang infaq Desa Wotan Rp 18.040. 000. Selanjutnya infaq dibatasi satu nama Rp 50 ribu. Dan akan dibuka kembali pada 16 Ramadhan bersamaan dengan malam Nuzulul Qur’an. (faiz/aam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *