Malam ini Teater Nusa Pentaskan Naskah Putih di Taman Budaya Cak Durasim

oleh -76 Dilihat
Teater Nusa (SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik), akan mementaskan Naskah Putih malam ini di Taman Budaya Cak Durasim Surabaya. Foto : ig cak_durasim/NUGres

GRESIK | NUGres – Teater Nusa (SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik) kembali naik panggung, kali ini kelompok teater sekolah di Gresik ini akan tampil pada Parade Teater Jawa Timur 2022, yang di selenggarakan tiap tahun oleh UPT Taman Budaya Cak Durasim, Surabaya.

Ketua Teater Nusa Rizqi Aziz menyatakan, kesempatan tampil dalam Pagelaran ini merupakan kesempatan pertama dirinya dan teman-temannya di Teater Nusa pasca pembatasan kegiatan saat pandemi. Baginya, pementasan Teater Nusa di luar sekolah ini akan jadi tantangan serta akan memberikan kesan mendalam bagi tim Teater Nusa.

“Tentunya ini pengalaman yang akan menambah jam terbang saya dan teman-teman Teater Nusa. Jika biasanya kami masih manggung di lingkup sekolah, kali ini kami pentas di panggung Taman Budaya dan dilihat Pelaku teater se Jawa Timur bahkan Nasional. Tentu ini tantangan dan pengalaman yang akan membekas dalam hidup saya dan teman-teman,” ujar Rizqi, Sabtu (19/11/2022) pagi.

Lebih lanjut, pada gelaran Parade Teater Jawa Timur 2022, Teater Nusa merupakan satu-satunya kelompok teater sekolah yang berkesempatan pentas di agenda tahunan UPT Taman Budaya Cak Durasim Surabaya.

Simak Juga:  IKANUSA Gelar Musyawarah Besar, Kepala SMANUSA Sampaikan Tiga Impian Sekolah

Parade pertunjukan sedianya digelar sejak Jumat 18 November hingga Sabtu 19 November. Beberapa kelompok teater lintas daerah di Jawa Timur seperti Swarung Seni Surabaya, Forum Aktor Sumenep dan Teater Komunitas Malang tampil memukau para penonton. Sedangkan Teater Nusa akan tampil pada malam ini, Sabtu 19 November pukul 20.00 WIB.

Sementara itu, Guru Seni Teater SMANUSA Dicky Panca yang juga sutradara pertunjukan mengatakan, Naskah Senja Putih akan disajikan oleh Teater Nusa dalam event bergengsi ini. Ia juga menyampaikan telah mempersiapkan segalanya dengan baik.

“Tentu ini tantangan buat kami, khususnya bagi keluarga besar Teater Nusa bagaimana kesempatan ini datang dan anak-anak dengan penuh tanggung jawab serta semangatnya mempersiapkan yang terbaik. Apalagi sudah lama kami tidak pentas keluar sekolah dan langsung mendapat tawaran untuk manggung di Taman Budaya Cak Durasim maka tanpa perlu berpikir lama saat itu saya dan anak-anak langsung katakan siap,” kata Pak Dicky, sapaan akrabnya.

Simak Juga:  Unggul Survei di Caketum PBNU, KH Murzuki Mustamar ; Manut Masyayikh

Lebih lanjut, Guru teater yang pernah meraih The Best Actor dalam nominasi pertunjukan tingkat Kabupaten dan Provinsi Tahun 2005 ini menyatakan bila naskah ini memang sudah pernah digarap sejak tahun lalu. Hanya saja, pertunjukannya masih dalam lingkup sekolah. Karenanya, terdapat banyak hal yang membedakan dari tampil di panggung yang lebih besar dan dilihat oleh banyak penonton.

“Tapi tentu semua hal telah anak-anak siapkan dengan baik. Mulai dari sisi Aktor, mental, tata panggung hingga hal-hal non teknis lainnya, Insyallah segalanya sudah siap,” imbuhnya.

Karena itu, Dicky mewakili keluarga besar Teater Nusa memohon doa serta dukungan serta mengajak untuk menonton pada puncak Pagelaran Parade Teater Jawa Timur hari Sabtu 19 November Pukul 20.00 WIB di Taman Budaya Cak Durasim Surabaya. “Ayo datang dan ramaikan,” pungkasnya. (Wildan Erhu Nugraha/Chidir)

Advertisment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *